Waspada, Terlalu Lama Nonton TV Picu Pembekuan Darah

Oleh Umi Septia pada 15 Nov 2017, 09:30 WIB
Demi Pecahkan Rekor, Pria Ini Rela Menonton TV Selama 94 Jam

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa terlalu lama menonton televisi dapat meningkatkan risiko pembekuan darah.

Saat menonton televisi, seseorang cenderung duduk dalam waktu yang lama. Hal ini dapat memicu terjadinya pembekuan darah. Jika menonton televisi disertai menikmati camilan, hal ini dapat meningkatkan risiko tersebut, seperti dikutip dari laman Boldsky, Selasa (14/11/2017).

Menurut temuan penelitian, risiko pembekuan darah akibat terlalu lama menonton televisi terjadi di pembuluh darah kaki, lengan, panggul dan paru-paru dikenal sebagai tromboemboli vena. Kondisi ini akan semakin meningkat seiring semakin banyaknya jumlah waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi.

Para peneliti telah meneliti sebanyak 15.158 peserta paruh baya berusia antara 45 dan 64 tahun selama penelitian berlangsung.

Selama penelitian, para peneliti menemukan bahwa mereka yang menonton televisi memiliki risiko 1,7 kali lebih tinggi untuk terkena pembekuan darah dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah menonton televisi.

Hasil penelitian tersebut baru-baru ini dipresentasikan pada Sesi Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika di California.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

1 of 2

Makanan untuk mencegah pembekuan darah

Untuk mencegah terjadinya pembekuan darah, berikut ini beberapa makanan yang dapat dikonsumsi.

1. Jus anggur

Anggur mengandung flavonoid yang dapat membantu mencegah pembekuan darah dan membantu membuat platelet darah. Beberapa penelitian menemukan bahwa meminum jus anggur dalam jumlah sedang membantu mencegah pembekuan darah.

2. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Bawang putih juga mengandung beberapa sifat pengenceran darah.

Caranya, konsumsi bawang putih secara teratur atau Anda bisa minum pasta yang terbuat dari satu sampai dua siung bawang putih di pagi hari. Ini membantu mencegah pembekuan darah.

3. Kiwi

Mengkonsumsi kiwi yang baik untuk jantung dan membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, mengkonsumsi buah kiwi secara teratur membantu mencegah pembekuan darah.

Lanjutkan Membaca ↓