Yoga Sembuhkan Kutil Telapak Kaki Caleb Packham

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 14 Nov 2017, 10:30 WIB
Yoga

Liputan6.com, Jakarta  

Caleb Packham, 46 tahun, mulai ikut yoga sekitar empat atau lima tahun lalu. Alasan ia mengikuti yoga karena di kakinya terdapat kelainan kutil di telapak kaki, yang disebut plantar warts. Kelainan kutil ini juga dikenal dengan nama penyakit mata ikan.

Pada telapak kaki, kutil yang muncul berupa kulit yang keras disertai rasa nyeri saat kaki digunakan berjalan. Caleb sudah mencoba berbagai cara pengobatan, tapi tidak juga sembuh. Demi menenangkan pikiran karena penyakit kutilnya, ia lalu mencoba yoga.

Tak disangka, yoga membuat Caleb sembuh dari kutil. Ya, ternyata yoga bermanfaat bagi saya, ucap pria asal negeri Kanguru saat berbincang dengan Health Liputan6.com.

“Sejak saat itu, saya menekuni yoga. Yoga bisa meningkatkan keseimbangan tubuh dan spiritual. Itu yang saya impikan. Saya melakukan yoga tiap hari,” lanjutnya saat ditemui usai CIMB Niaga Namaste Festival 2017 di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta, ditulis Selasa (14/11/2017).

Caleb belajar yoga dari salah satu instruktur terbaik yoga asal London, Inggris. Ia mengikuti kelas yoga dari sang instruktur tersebut.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

1 of 5

Berlatih yoga ke India

Dengan menekuni yoga, hasrat Caleb untuk menjadi seorang instruktur yoga membuncah. Tiga tahun lalu, ia pun pergi ke India untuk berlatih menjadi instruktur yoga. Caleb mengkhususkan diri berlatih yoga di akademi yoga Sattva (dibaca Satt*wa).

Gaya yoga Sattva sangat menarik bagi Caleb karena semua gerakannya mengkombinasikan keseimbangan, baik tubuh, pikiran, dan spiritual. Pose meditasi yang diterapkan juga lebih banyak.

Caleb berlatih jadi instruktur yoga hingga ke India. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

“Sebenarnya saya tidak berencana untuk mempelajari satu gaya yoga secara khusus, tapi ya itu terjadi saja tiba-tiba. Ini yang membuat saya cinta dengan yoga,” ujar Caleb sambil tertawa.

Yoga membuat Caleb jadi tenang. Ia sangat takjub melihat dirinya sendiri saat mengajar murid-muridnya di kelas yoga. Banyak murid berdatangan untuk mempelajari yoga Sattva.

2 of 5

Yoga untuk pemula

Walaupun gaya yoga Sattva yang diampu Caleb terbilang sulit, ia berpikiran yoga itu tetap bisa dilakukan oleh semua orang, bahkan pemula sekali pun.

“Selagi Anda punya tubuh, ya Anda bisa kok melakukan yoga. Banyak orang malah jadi tenang setelah mengikuti yoga. Itu saya amati dari murid-murid yang ikut di kelas yoga saya,” ucap Caleb.

Yoga untuk semua orang dan tidak sulit melakukannya. Caleb merekomendasikan, Anda yang pemula bisa masuk kelas yoga untuk kategori pemula.

3 of 5

Buka hari dengan meditasi

Kecintaan Caleb pada yoga diterapkan sejak dirinya bangun di pagi hari. Setelah bangun pagi, ia selalu meditasi.

Caleb membuka hari dengan meditasi selama 45 menit. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

“Yoga itu bukan hanya soal latihan postur tubuh, tapi soal kehidupan. Saya bermeditasi selama 45 menit di pagi hari sebelum melakukan aktivitas lainnya. Saya rasa ini menjadi kunci bagian dari yoga. Meditasi,” ucap Caleb.

4 of 5

Gaya hidup sehat

Tubuh Caleb yang terlihat bugar dan kekar tak hanya didukung dengan yoga. Ia menerapkan gaya hidup sehat.

“Saya bukan vegetarian, kok. Saya juga makan daging, ikan, dan ayam. Untuk makanan, sebenarnya saya juga suka makan makanan produk yang organik dan makanan segar (fresh food),” tutur Caleb.

Ia juga menghindari untuk tidak minum alkohol dan bir. Caleb juga tidak merokok. Ia mengakui, dirinya sangat sehat.

Lanjutkan Membaca ↓