Menelan Biji Buah Jambu Merah Bisa Usus Buntu?

Oleh Aditya Eka Prawira pada 14 Nov 2017, 08:00 WIB
Makan Biji Jambu Bisa Sebabkan Usus Buntu?

Liputan6.com, Jakarta Orang tua dulu sering memvonis anak mereka bakal terkena usus buntu, jika tanpa sengaja menelan biji dari buah jambu biji atau jambu merah.

Ada juga yang mempercayai bahwa doyan makan pedas bisa memicu usus buntu meradang, yang akhirnya harus diangkat dengan jalan operasi.

Dr Resthie Rachmanta Putri M.Epid dari Klik Dokter mengatakan, penyebab dari usus buntuk belum diketahui pasti. Menurut dia, tindakan pencegahan baru bisa dilakukan jika penyebab radang usus buntu sudah kita ketahui.

"Karena itu, tanpa sengaja menelan biji buah tak akan sama sekali menyebabkan usus buntu," kata dia dikutip dari situs Klik Dokter pada Selasa, 14 November 2017.

Biji buah yang tertelan dalam jumlah sedikit umumnya bisa dicerna oleh lambung dan dikeluarkan bersama feses.

 

1 of 2

Proses Pencernaan Makanan

Usus buntu
Usus buntu. (foto: WebMD)

Sebab, setelah makanan masuk ke mulut dan kita telan, makanan itu akan masuk ke kerongkongan, kemudian lambung, dan turun terus sampai ke usus halus dan usus besar.

Sisa makanan yang tak dapat dicerna dan diserap, akan dikeluarkan dalam bentuk kotoran.

Resthie mengatakan bahwa proses pencernaan ini berlaku untuk makanan apa pun, termasuk bila menelan biji buah.

"Bila biji buah dapat dicerna lambung dan usus, kandungan vitamin dan serat di dalamnya ikut terserap usus. Namun, bila biji buah tidak dapat dicerna, biji tersebut akan dikeluarkan bersama feses," kata dia menekankan.

Lanjutkan Membaca ↓