Sukses

Saat Flu Serang Lansia Berakibat Kematian

Dampak influenza pada orang muda berbeda dengan orang lanjut usia atau lansia.

Liputan6.com, Jakarta Dampak influenza pada orang muda berbeda dengan orang lanjut usia atau lansia. Influenza pada lansia dampaknya lebih parah, bisa menyebabkan komplikasi lalu berakhir dengan kematian.

Pada umumnya, setelah orang memasuki lansia kekebalan tubuh menurun. Itu sebab lansia lebih rentan terkena virus influenza seperti disampaikan Wakil Ketua Indonesian Influenza F, Samsuridjal Djauzi.

Karena daya tahan tubuh lemah, virus tersebut jadi lebih lama menyerang lansia. Tak sedikit dari pasien influenza lansia yang mengalami komplikasi, paling sering pneumonia.

"Kasus pneumonia dirawat di rumah sakit pada usia lanjut, angka kematiannya mencapai 30 persen," tambah Samsu saat temu media di Jakarta pada Senin (13/11/2017).

 

Simak video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat vaksin influenza

Guna mengurangi risiko sakit karena influenza, lansia perlu mendapatkan vaksin influenza.

Dengan penyuntikan vaksin influenza pada lansia bisa mengurangi risiko sakit karena virus influenza. Jika pun sakit, masa pemulihan bakal lebih cepat.

Selain lansia, kelompok lain yang disarankan untuk mendapatkan vaksin influenza adalah ibu hamil, penyandang diabetes, pasien jantung, orang dengan kondisi penurunan daya tahan tubuh, penderita gangguan pernapasan kronik. Juga pekerja yang sering bertemu dengan banyak orang, orang yang akan umrah atau haji, dan petugas kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.