Sukses

Waspada, Ini Efek Gunakan Kondom Kedaluwarsa

Kondom rata-rata memiliki masa penggunaan lima tahun setelah tanggal dibuat.

Liputan6.com, Jakarta Rata-rata kondom jenis lateks memiliki masa kedaluwarsa lima tahun setelah tanggal dibuat. Untuk melihat tanggal kedaluwarsa, bisa dilihat dari kemasannya saja.

Sayangnya, banyak orang yang menyimpan kondom lalu ketika dipakai langsung saja dibuka. Tidak dicek dulu tanggal kedaluwarsanya.

"Bahkan banyak pria yang tak tahu bahwa kondom memiliki masa berakhir," kata dokter dari Stanford University School of Medicine, Leah Millheiser.

Padahal penting sekali untuk mengecek masa keduarsa kondom. Karena seiring berjalannya waktu kualitas kondom menurun. "Artinya kondom jadi lebih mudah sobek atau bocor saat dipakai untuk berhubungan seksual," tambahnya mengutip laman Men's Health, Senin (13/11/2017).

Lalu, bagaimana jika terlanjur memakai kondom yang kedaluwarsa?

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondom kedaluwarsa

Menggunakan kondom kedaluwarsa meningkatkan risiko penularan penyakit tidak menular dan kehamilan yang tidak diinginkan. Namun, dokter menyarankan lebih baik menggunakan kondom kedaluwarsa daripada tidak sama sekali.

Bahaya di Balik Penggunaan Kondom Kedaluwarsa

"Jika semua kondom telah kedaluwarsa, cari yang yang memiliki kemungkinan tidak bocor atau rusak," saran Millheiser.

Dia menyarankan dengan mencoba memasukkan air ke dalam kondom. Jika tidak ada yang bocor, berarti kemungkinan aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini