Sukses

Pakai Gula Ini kalau Suka Kopi Manis

Gula merah, gula putih dan pemanis buatan. Mana yang lebih baik?

Liputan6.com, Jakarta Untuk menikmati secangkir kopi, sebagian besar orang masih mengandalkan gula sebagai pemanis. Di antara mereka ada yang menggunakan gula merah, gula putih, dan pemanis buatan. Mana yang lebih baik?

Menurut dr Annisa Maloveny, SpPD, jika seseorang senang mengonsumsi kopi manis, sebaiknya menggunakan gula asli, dibandingkan pemanis buatan.

"Meski pemanis buatan itu bebas kalori, tetap harus hati-hati karena itu zat kimia. Lebih baik menggunakan gula asli," ucap dr Annisa dalam acara temu media bersama Halodoc, Kamis (9/11/2017), di kawasan Jakarta Pusat.

Selain itu, untuk memilih gula, dr Annisa menganjurkan untuk menggunakan gula merah karena lebih rendah kalori dibandingkan gula putih.

"Gula merah lebih rendah kalorinya. Meski begitu, pemakaian gula tetap harus dibatasi untuk mencegah terkena diabetes," ujarnya.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih baik tanpa gula

Menurut dr Annisa Maloveny, SpPD, mengonsumsi kopi hitam sebaiknya tanpa gula. Hal ini akan lebih aman dan memberikan manfaat kesehatan.

"Kalau dinikmati tanpa gula, kopi hitam memiliki efek baik, yaitu mengurangi penyakit hati kronis dan mencegah diabetes. Sebaliknya, jika diminum dengan tambahan gula, hal ini justru memicu diabetes," ucap dr Annisa.

Selain itu, kopi yang diminum tanpa gula juga dapat membantu mencegah risiko kanker dan penyakit jantung.

"Karena biji kopi juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan organ. Kopi juga membantu mengurangi nafsu makan," tutup dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.