Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Bahaya Mengintai Pengantin Baru yang Terlalu Semangat Bercinta

Pengantin baru biasanya sedang semangat-semangatnya bercinta, sayangnya, terlalu sering berhubungan seks ada bahayanya.

Liputan6.com, Jakarta Namanya juga pengantin baru, wajar kalau masih semangat-semangatnya bercinta. Sayangnya, jika terlalu semangat akan ada penyakit yang mengintai fase bulan madu pasangan baru: infeksi saluran kemih (ISK).

Infeksi kandung kemih memang banyak dialami oleh pengantin baru, sampai-sampai para ahli menyebutnya sebagai honeymoon cystitis (sistitis bulan madu). Istilah ini memang sengaja digunakan, karena wanita cenderung mendapatkan infeksi ini setelah berhubungan seks terlalu banyak, mengutip Women's Health, Rabu (8/11/2017).

"Uretra--saluran yang berada dari luar sampai ke dalam kandung kemih--benar-benar ada di samping vagina," ujar dokter spesialis kandungan Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis di Yale School of Medicine.

Ketika Anda berhubungan seks, bakteri dari vagina bisa masuk ke uretra, dan menjalar ke dalam kandung kemih. Dan ketika Anda berkali-kali berhubungan seks dalam waktu singkat, hal itu akan membuat Anda lebih rentan mengalami ISK.

Salah satu teori umum seputar ISK adalah, tubuh wanita belum terbiasa dengan bakteri baru yang berasal dari tubuh pasangannya. Namun menurut Minkin, hal ini kemungkinan besar tidak benar.

Bahkan, biasanya ISK disebabkan oleh infeksi wanita itu sendiri. Jadi, bukan pasangan penyebab Anda terkena ISK, tapi fakta Anda bercinta tiga kali dalam satu malam dengannya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mencegahnya

Lantas, apa yang bisa lakukan untuk mencegah ISK?

Minkin menyerankan untuk memastikan ada banyak pelumas saat berhubungan seks, untuk mencegah robekan atau iritasi. Berkemih sebelum dan sesudah bercinta juga bisa membantu.

Jika Anda rentan mengalami ISK, minum jus cranberry setiap hari bisa membantu.

"Cranberry membantu mencegah bakteri menempel di dinding kantung kemih," lanjut Minkin.

Dokter juga bisa meresepkan antibiotik yang bisa dikonsumsi setiap kali Anda berhubungan seks. Antibiotik ini akan mengantarkan antibodi dosis tinggi ke urin.

Dokter juga bisa meresepkan antibiotik dosis rentah untuk dikonsumsi setiap hari selama beberapa bulan. Tujuannya untuk mengubah flora di vagina Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.