Sukses

Mengenal Serba-serbi Pernikahan di Negara Song Song Couple

Bicara soal pernikahan, mari sedikit mengintip serba-serbi pernikahan di negara Song Song Couple

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebritas asal Korea Selatan, Song Joong Ki dan Song Hye Kyo resmi melepas masa lajang hari ini, Selasa (31/10/2017). Meski bertempat di lokasi mewah Hotel Shilla, Seoul, dan dihadiri sederet artis ternama seperti Yoo Ah In dan Park Bo Geum, pernikahan pasangan yang dijuluki Song Song Couple itu tampak sederhana dan sakral.

Rencana pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo beberapa bulan lalu cukup mengejutkan publik. Tak ada yang menduga pasangan ini akan melabuhkan hubungan mereka dalam bentuk pernikahan.

Bicara soal pernikahan, mari sedikit mengintip serba-serbi pernikahan di negeri ginseng, seperti dilansir dari laman Soompi, Selasa (31/10/2017).

Proses lamaran

Adegan kekasih pria berlutut sambil menyodorkan sebuah cincin pada wanitanya memang kerap ditemukan dalam serial drama Korea. Kenyataannya, hal tersebut jarang terjadi di dunia nyata, terutama pada generasi tua di sana.

Kebiasaan melamar dengan sebuah cincin bisa jadi diadaptasi oleh generasi muda Korea Selatan. Sementara, pada pasangan generasi tua di sana, jarang sekali yang memiliki cincin kawin.

 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bertemu keluarga

Bertemu keluarga

Di Korea Selatan, pernikahan tak hanya melibatkan pasangan kekasih, melainkan juga kedua keluarga. Sebelum pertunangan diumumkan, kedua keluarga harus lebih dulu bertemu untuk saling mengenal. Umumnya mereka bertemu di sebuah ruangan tertutup di restoran. Jadi, bila kedua keluarga sepakat bertemu, ini bisa diartikan pertanda baik.

Namun, sebelum itu, masing-masing pasangan harus lebih dulu mengajak calon suami/istrinya bertemu dengan orangtua mereka. Mengenalkan kekasih pada keluarga di awal hubungan bukan hal lazim di Korea. Seseorang baru akan memperkenalkan kekasihnya bila dia berniat menikah.

Singkatnya persiapan menikah

Rencana pernikahan tidak membutuhkan waktu lama di Korea Selatan. Anda bisa merencanakan pernikahan hanya dalam tiga bulan. Salah satunya karena bertunangan dalam jangka waktu lama tak lazim di sana. Jadi, tak heran jika Song Song Couple begitu kilat mempersiapkan pernikahan mereka, bukan?

3 dari 4 halaman

Lokasi resepsi

Lokasi resepsi

Salah satu alasan persiapan pernikahan di Korea Selatan bisa begitu cepat karena segala sesuatunya tersinergi dengan baik. Umumnya orang Korea menikah di aula yang khusus dipersiapkan untuk pesta pernikahan. Seperti di Indonsia, bila Anda sudah teken kontrak dengan salah satu gedung, mereka akan membantu mempersiapkan hal-hal yang terkait dengan resepsi, mulai dari dekorasi, makanan, hingga musik. Semua itu tersedia dalam bentuk paket.

Bila warga biasa menikah di gedung atau aula khusus untuk resepsi pernikahan, seleb Korea cenderung memilih hotel atau house wedding venue. Meski begitu, alurnya pun tetap sama. Baik hotel atau pun venue khusus tersebut telah menyediakan paket-paket pernikahan untuk memudahkan persiapan.

Gaun dan jas resepsi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, lokasi pernikahan akan membantu calon pengantin mempersiapkan resepsi pernikahan secara detail, termasuk gaun dan jas resepsi. Bahkan studio foto dan rias wajah telah masuk ke dalam paket pernikahan.

Foto-foto pernikahan yang biasa dipajang di gedung resepsi juga termasuk yang dipersiapkan oleh pihak gedung. Studio foto akan memastikan mempelai tampak bak raja dan ratu sehari. Mereka biasanya memiliki beragam latar foto menarik.

Kembali ke soal gaun dan jas, umumnya pasangan pengantin Korea Selatan tak membeli sendiri gaun mereka. Alih-alih membeli, mereka hanya akan menyewa yang sesuai selera.

4 dari 4 halaman

Resepsi

Para undangan

Seperti di Indonesia, resepsi pernikahan di Korea Selatan juga dihelat meriah dengan ratusan undangan. Pengantin pun diwajibkan menyapa setiap undangan yang hadir. Namun, sebagian generasi muda mulai meninggalkan tradisi ini.

Bagaimana jika Anda diungdang ke resepsi pernikahan di Korea? Sama seperti di Indonesia, menunjukkan kartu undangan pun tak diwajibkan ketika Anda hadir. Namun, Anda perlu menyerahkannya bila diminta oleh penerima tamu. Begitu juga dengan hadiah pernikahan yang dibawa. Anda boleh memasukkan sejumlah uang di amplop. Berapa besarnya? Tentu tergantung dari kemampuan Anda. Hanya saja pastikan Anda memasukkan lembaran uang terbaik dan terapi yang bisa Anda dapatkan.

Resepsi

Upacara dan resepsi pernikahan di Korea Selatan berlangsung singkat. Tak lebih dari setengah jam. Akan ada seorang MC yang memandu acara, pidato atau sambutan singkat, pertunjukan musik singkat, kedua mempelai saling berciuman, dan acara pun selesai. Sajian bagi para tamu dihidangkan segera setelah upacara pernikahan selesai. Jadi para tamu bisa langsung pulang usai menikmati hidangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.