Sukses

Kebiasaan Memberi Anak Makan Seperti Ini Harus Dihilangkan

Jangan pernah memberikan segelas susu sebelum anak makan, makan sambil menonton televisi, dan lain-lain.

Liputan6.com, Jakarta Hindari memberikan segelas susu sebelum anak makan. Cara ini guna mencegah munculnya rasa kenyang yang terlalu cepat.

"Kalau mau minum, sebaiknya anak diberikan air putih," kata Dokter Spesialis Anak, dr Diana F Suganda M. Kes SpGK pada diskusi Gizi dalam Keadaan Alami untuk Anak Kuat dari Dalam di Jakarta, Senin, 23 Oktober 2017.

Menurut Dianas, memberikan susu sebelum makan sama dengan merangsang hormon rasa kenyang bekerja. Dampaknya, baru beberapa sendok suapan sudah buat anak kenyang.

Selain itu, perhatikan juga waktu saat memberi makan si Kecil. "Terutama anak yang di bawah umur satu tahun, tidak boleh lebih dari 30 menit," ujar Diana.

Dalam kurun waktu selama itu, hormon rasa kenyang sudah terasa. Terpaksa, kalau sudah 30 menit, harus berhenti meski masih banyak yang tersisa di piring.

Hal lainnya yang harus diperhatikan para ibu adalah, hindari pemberian makan anak sambil menonton televisi.

Diana pernah merasakan miris saat menyaksikan satu buah video. Dalam video tersebut tampak seorang anak duduk di wheel chair sambil menonton televisi. Di sebelah kanan, ada seorang pengasuh yang bertugas menyuapi anak itu, sedangkan yang di sebelah kiri memegang kepalanya biar dia mau makan.

Menurut Diana, tindakan itu adalah bentuk pemaksaan buat anak. Ada baiknya proses pemberian makan dilakukan secara fokus. Anak bisa fokus memperhatikan makanan yang masuk ke mulutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.