Sukses

Bahayakah Bayi Tidur dengan Mata Terbuka?

Meski terlihat aneh, bayi yang tidur dengan mata terbuka ternyata normal.

Liputan6.com, Jakarta Saat tertidur, tak semua bayi menutup matanya. Meski terlihat aneh, bayi yang tidur dengan mata terbuka ternyata normal.

Seperti disampaikan dokter naturopati Tara Levy, kondisi ini disebut juga nocturnal lagophthalmos. "Tidak berbahaya dan cukup umum terjadi pada bayi. Hal ini juga tidak menunjukkan kalau dia memiliki masalah tidur."

"Tidak ada yang tahu pasti mengapa beberapa bayi tidur dengan mata terbuka," kata Levy. Tapi itu mungkin ada kaitannya dengan fase tidur REM (rapid eye movement) atau fase tidur aktif.

"Tidur dengan mata terbuka terjadi selama REM, yaitu siklus tidur yang lebih aktif. Bayi bisa menghabiskan lebih banyak waktu dalam fase REM daripada orang dewasa, sekitar 50 persen dari total waktu tidur mereka," kata Levy, seperti dimuat Baby Center, Kamis (19/10/2017).

Jika Anda merasa terganggu, kata Levy, Anda bisa menutup matanya dengan lembut. Atau konsultasikan dengan dokter bila bayi tidur dengan mata terbuka selama berjam-jam pada suatu waktu atau jika matanya tampak kering.

Levy menambahkan, ada beberapa bukti bahwa lagophthalmos nokturnal terjadi karena ada faktor turun-temurun. Jadi, Anda mungkin bisa memperhatikan kebiasaan tidur pasangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.