Sukses

Dari Lecet Hingga Kanker Tulang yang Renggut Nyawa Lolyta

Lolyta Agustina, remaja berusia 20 tahun yang berjuang melawan kanker tulang langka, akhirnya meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Lolyta Agustina, remaja berumur 20 tahun yang mengidap kanker tulang langka (sarkoma ewing) meninggal dunia pada Senin, 16 Oktober 2017. Sebelum meninggal, kisah Lolyta sempat viral di internet. Lantas, seperti apa perjalanan hidup gadis yang periang ini?

Lolyta merupakan anak yang periang seperti remaja seusianya. Dia juga anak yang penuh semangat. Hal ini terlihat dari unggahan-unggahan di media sosial miliknya. Selain itu, melalui akun Instagramnya, dia juga membagikan perjalanan hidupnya sebelum akhirnya meninggal.

Berawal saat jatuh dari motor

Melalui Instagram, Lolyta menceritakan awal mula dia terkena penyakit langka tersebut. Dalam unggahannya pada 12 Oktober 2016, dia mengatakan bahwa hal itu berawal saat dirinya terjatuh dari motor.

"Yup ini penampakan kaki aku tiga minggu yang lalu. Aku mau cerita dikit untuk share buat kalian dan kali aja ada yang bisa ngasih solusi ke aku. Awalnya aku jatoh dari motor setelah berangkat dari acara nikahan temen aku & aku dibonceng," tulisnya dalam keterangan foto yang diunggahnya tersebut.

Dalam unggahan tersebut dia juga menjelaskan, saat terjatuh dari motor dia hanya mengalami lecet dan berdarah pada dengkulnya. Selain itu, dia tidak memperhatikan kondisi mata kakinya. Setelah beberapa hari dia baru menyadari engkel kanannya bengkak layaknya orang keseleo. Namun, dia mengaku saat itu belum terasa sakit.

Keadaan berlanjut hingga dia mengalami benturan lagi. Kali ini Lolyta baru merasakan sakit. Saat itu, sang ibu membawanya ke tukang urut untuk dipijat. Keesokan harinya, Lolyta lalu mendaki gunung dan sepulangnya dari sana dia merasakan kakinya sakit dan kaku.

Sebulan kemudian, sang ibu kembali membawanya ke tukang urut, tapi hal itu tidak memberikan hasil. Setelah itu, Lolyta kembali diurut. Kali ini, tukang urut yang datang ke rumahnya. Sayangnya, kali ini Lolyta mengaku merasa sakit saat mendapatkan pijatan tersebut hingga ia menangis.

Saksikan video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terkena kanker langka

Pada hari yang sama, Lolyta juga mengunggah kisah tentang dirinya yang terkena kanker pada tulang kaki. Saat itu, dirinya berobat ke salah satu rumah sakit untuk berkonsultasi dengan dokter ortopedi.

Yang mengejutkan, saat itu dokter mengatakan bahwa kaki Lolyta harus diamputasi. Pasca-operasi, Lolyta mengaku merasakan sakit yang hebat pada kakinya. Selain itu, dia juga mengaku sulit untuk tidur. Selanjutnya, diagnosis lain membuat Lolyta lebih terkejut lagi, dia didiagnosis mengalami kanker tulang. Saat itu, kondisi kakinya semakin membesar.

Setelah dirujuk ke RSCM, Lolyta menjalani pemeriksaan darah, rontgen, MRI, dan CT Scan. Hasilnya, dia didiagnosis terkena tumor ganas stadium tiga. Tak hanya itu, penyakit tersebut juga sudah menyebar dan menyerang paru-parunya.

"Jadi aku kena kanker paru-paru juga. Dokter bilang sakit aku langka dan baru pertama kali ada di Indonesia dan kemungkinan kalau hasilnya aku terkena sarkoma ewing," tulis Lolyta di akun Instagramnya, Rabu (12/10/2016).

3 dari 3 halaman

Menjadi viral

Akibat penyakit langka yang menyerang Lolyta tersebut, dia harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Meski begitu, Lolyta tidak kehilangan harapan dan semangat.

Melalui Instagramnya, Lolyta mengunggah sebuah video pada Senin (19/10/2017). Dalam video tersebut, Lolyta mengatakan bahwa dirinya membutuhkan obat kemoterapi yang sulit dia temukan.

"Aku lagi membutuhkan obat kemo di apotik sini kosong dan mamahku udah nyoba kesana-kesini jg gaada nama obat kemonya dachiony. Yang nemuin obatnya kasih tau aku yaaaa," tulisnya dalam keterangan video tersebut.

Video tersebut menjadi viral dan sudah ditonton sebanyak 1,9 juta kali. Selain pantang semangat, Lolyta juga dikenal sebagai sosok yang peduli dengan sesama. Hal ini terlihat dari foto dan video yang menunjukkan Lolyta sedang menyemangati banyak orang yang juga terkena kanker.

Kini, perjalanan Lolyta harus terhenti untuk selamanya. Melalui akun Instagramnya, pihak keluarga mengatakan bahwa Lolyta meninggal pada Senin (16/10/2017) lalu. Doa dan ucapan belasungkawa datang tak hanya dari keluarga dan kerabat, tetapi juga dari netizen yang kagum akan sosoknya. Selamat jalan Lolyta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini