Sukses

Kenapa Menstruasi Bikin Nafsu Makan Wanita Menggila?

Nafsu makan Anda menggila saat menstruasi? Anda rasanya ingin terus mengunyah. Semua itu ada alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Nafsu makan Anda menggila saat menstruasi? Anda rasanya ingin terus mengunyah. Semua itu ada alasannya, sehingga Anda ingin makan makanan yang manis dan asin.

"Selama menstruasi, tubuh Anda mengalami perubahan fisiologis. Hormon Anda meningkat, menyebabkan Anda menginginkan nutrisi tertentu," kata Ahli Gizi dan Nutrisi bersertifikat Justine Roth, R.D, seperti dilansir dari laman Women's Health Mag, Selasa (17/10/2017).

Suzanne Fenske, MD, asisten profesor kebidanan, ginekologi, dan Ilmu Reproduksi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, mengatakan ada pemikiran bahwa endogenous opioid peptides, atau EOP, ikatan asam amino yang selalu ada di tubuh Anda, bisa disalahkan. Selama masa-masa tertentu-seperti masa menstruasi Anda (dan kehamilan), EOP jadi lebih aktif.

"Kami tidak 100 persen yakin," katanya. "Tapi teorinya adalah dengan hadirnya EOP ini, Anda lebih bernafsu untuk makan," kata Fenske.

Fenske mengatakan, hasrat paling umum saat menstruasi adalah mengonsumsi makanan asin seperti keripik kentang atau cokelat.

Dan sebuah studi di PLOS ONE memperkirakan hampir 50 persen wanita di Amerika Serikat ingin cokelat pada saat menstruasi. Meskipun para periset menduga mungkin ini ada implikasi budaya.

Roth mencatat, khususnya cokelat, tinggi kandungan magnesium, zat yang biasanya rendah pada tubuh Anda saat Anda sedang mengalami menstruasi. (Pastikan Anda mencari cokelat hitam versus coklat susu, yang tidak memiliki nutrisi yang tepat untuk mengekang keinginan Anda.)

Fenske menjelaskan, nafsu makan selama menstruasi tidak berbahaya. Yang harus dikhawatirkan adalah jika Anda mulai menginginkan hal-hal yang sangat aneh.

"Ada hasrat tertentu yang dapat dialami wanita pada masa menstruasi mereka yang tidak terlalu normal dan lebih berkaitan dengan anemia," katanya. Jika Anda tiba-tiba menginginkan sesuatu, temui dokter untuk memastikan Anda tidak memiliki masalah serius

Lantas, apabila Anda menginginkan makanan tersebut harus bagaimana? Roht menyarankan jangan melawannya.

"Jika Anda menginginkan sesuatu seperti itu, Anda harus mendengarkannya," kata Roth. "Kalau tidak, keinginan itu akan menjadi lebih kuat." 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.