Sukses

Intip Operasi Tumor Otak Melalui Alis Mata

Teknik operasi tumor tak hanya membuka kepala saja, ada metode keyhole (operasi lubang kunci) melalui alis mata.

Liputan6.com, Jakarta Pasien tumor otak yang akan menjalani operasi tak perlu cemas saat membayangkan kepala harus dibuka. Kini, pasien sudah dapat memilih teknik operasi tumor otak tanpa harus membuka kepala.

Metode keyhole (operasi lubang kunci) melalui alis mata tidak akan membuat pasien tumor otak takut. Teknik ini cukup membuat sayatan sepanjang 1-2 cm.

Ditemui dalam acara "CBSC Indonesia Tangani Bedah Tumor Otak dengan Metode Keyhole melalui Alis Mata" di Hotel Atlet Century Senayan, Jakarta, Jumat (13/10/2017), dr Agus C Anab, SpBS, dokter spesialis bedah saraf dari tim medis Comprehensive Brain and Spine Centre (CBSC) Indonesia, langkah pertama yang dilakukan otak terlebih dahulu dikempiskan untuk mengeluarkan cairannya.

"Setelah itu, otak baru disibakkan. Jadi, akan terlihat langsung tumor di dalamnya," ungkap dr Aca, sapaan akrabnya.

Dalam video yang sempat diputar oleh dr Aca, terlihat tumor otak diangkat sedikit demi sedikit melalui lubang kecil dari sayatan di alis mata, hingga tumor pun terangkat seluruhnya.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cepat pulih

Durasi operasi tumor otak menggunakan metode keyhole ini memakan waktu 5-6 jam, lebih singkat dari operasi tumor konvensional.

Ada keunggulan yang diperoleh pasien saat menjalani operasi dengan metode keyhole. Perdarahan saat operasi minim dan bekas sayatan tersamarkan dengan alis. Pasien dapat pulih dengan cepat.

"Satu hari setelah operasi, pasien sudah bisa bangun dan berjalan. Tiga hari setelah operasi, pasien akan cek hasil operasi melalui MRI (Magnetic resonance imaging). Tumor pun sudah hilang," jelas dr Aca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.