4 Hal Tak Terduga Penyebab Jerawat Balik Lagi

Oleh Melly Febrida pada 13 Okt 2017, 16:00 WIB
6 Kebiasaan yang Picu Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Apa yang Anda lakukan agar jerawat tumbuh lagi? Kebanyakan orang rajin membersihkan wajah, atau rutin melakukan exfoliation (pengelupasan kulit). Tapi, banyak dari kita yang melupakan, hal yang tampaknya sepele tapi membuat Anda sering berjerawat.

Apabila Anda merasa telah melakukan segala sesuatu untuk menjaga kulit tetap bersih, mungkin ada masalah mendasar yang harus disalahkan.

Joshua Zeichner, Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Mount Sinai Hospital, New York City, menjelaskan alasan mendasar yang membuat Anda masih berjerawat. Anda bisa mulai memperbaikinya untuk menyelamatkan kulit Anda seperti dilansir Allure, Jumat (13/10/2017,:

1. Cuci seprai

Menjaga kebersihan seprai sangat penting. Ini bukan berarti mencuci seprai sebulan sekali atau setiap dua bulan sekali, tapi secara rutin untuk memastikan membersihkan kotoran dari tempat tidur Anda. Benar-benar sesederhana itu.

Anda tidur di seprai setiap malam, kulit bisa terpapar bakteri yang terakumulasi dari waktu ke waktu. Jadi, jika Anda sudah rentan terhadap jerawat, tidur di seprai kotor hanya akan membuat situasi semakin buruk.

"Tidak mencuci seprai berarti kotoran dan mikroorganisme akan bersentuhan dengan kulit saat Anda tidur, mengkontaminasi kulit Anda, bahkan jika Anda telah mencuci muka sebelum tidur," kata Zeichner.

2. Waspadai produk perawatan rambut

Yang satu ini mungkin tampak aneh, tapi ini adalah sesuatu yang jarang dipertimbangkan orang. Zeichner menjelaskan, produk perawatan rambut bisa menjadi alasan abadi munculnya jerawat.

"Pomade dan produk perawatan rambut tebal lainnya dapat mempengaruhi kulit juga rambut," katanya. "Berhati-hatilah agar tidak membiarkannya sampai ke pelipis atau dahi, karena bisa menutup pori-pori menyebabkan jerawat."

Saksikan juga video menarik berikut ini:

1 of 2

3. Jaga kebersihan komputer

Nasihat "menjauhi komputer Anda" bukanlah saran yang paling realistis. Namun Zeichner mengatakan, laptop dan desktop keduanya menyimpan banyak bakteri, yang dapat dengan mudah berpindah dari tangan ke wajah. Untuk itu jagalah kebersihan laptop atau dekstop Anda.

"Bersandar di telapak tangan Anda saat Anda melihat komputer Anda di siang hari dapat mentransfer kotoran dan minyak dari telapak tangan ke kulit Anda, [sehingga] menyebabkan jerawat," katanya.

Contoh kasusnya: Jika Anda sering menghabiskan sebagian besar hari Anda di depan komputer, bangun sekarang juga dan simpan beberapa tisu disinfektan. Dan lakukan yang terbaik untuk menghindari tangan Anda dari wajah Anda.

4. Lap layar ponsel

"Ponsel Anda menumpuk kotoran dan minyak dari kulit Anda - dan bakteri dari lingkungan - saat Anda meletakkan telepon di atas meja atau kursi," kata Zeichner. Ia juga menambahkan fakta yang sangat mengkhawatirkan bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa ponsel sebenarnya dapat dijajah lebih banyak mikroorganisme yang ada di toilet umum.

Untuk itu, lakukan untuk diri Anda dan juga kulit Anda dengan melap ponsel dengan tisu desinfektan.

Apabila Anda sudah melakukan semua hal di atas dan kulit Anda masih berjerawat, mungkin Anda perlu memeriksakan ke dokter kulit.

Lanjutkan Membaca ↓

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video