Kepala Kena Bola Sepak, Penggemar Klub Chelsea Ini Lumpuh

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 12 Okt 2017, 12:30 WIB
Lumpuh

Liputan6.com, Caithness, Skotlandia Owen Mathieson (14), mengalami lumpuh di satu sisi tubuhnya, akibat terkena bola sepak. Bola yang ditendang temannya menyasar ke kepala Owen. Ia harus menjalani operasi darurat.

Kejadian ini sebelumnya tidak diketahui sang ibu, Maria Mathieson (42). Owen yang menderita sakit kepala disertai panas sempat dirawat. Dokter setempat mengira sakit kepala parah dan panas tinggi Owen karena gegar otak.

Remaja asal Wick, Caithness, Skotlandia diberikan obat penghilang rasa sakit dan diperbolehkan pulang keesokan harinya.

Namun, Maria cemas kondisi Owen makin memburuk. Ia dirujuk ke rumah sakit lain saat petugas medis setempat terkejut menemukan adanya perdarahan antara tengkorak dan otak Owen. Perdarahan disebabkan adanya infeksi.

Owen yang menggemari klub sepak bola Chelsea ini mengalami lumpuh sebagian. Ia harus menjalani operasi untuk menghilangkan infeksi dari otaknya.

"Ini  sangat menakutkan. Dia bisa meninggal dalam operasi dan tidak tahan melihatnya sangat kesakitan. Dia juga tidak ingat apa yang terjadi,"  ungkap Maria, ditulis dari The Scottish Sun, Kamis (12/10/2017).

Owen terkena bola sepak di kepala saat ia berhasil menyelamatkan gawang dari tembakan jarak dekat. Ini terjadi pada bulan Juli lalu. Setelah pulang ke rumah untuk beristirahat, ia merasa murung dan sedikit pusing.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

1 of 3

Minum obat penghilang rasa sakit

Untuk mengatasi rasa pusing, Owen minum beberapa obat penghilang rasa sakit dan berharap sakitnya akan hilang. Kondisinya sempat membaik seminggu kemudian. Namun, pada suatu pagi, saat Owen terbangun, muncul benjolan besar di atas mata kirinya.

Sang ibu membawanya ke Rumah Sakit Raigmore di Inverness untuk diperiksa. Owen harus kembali minum obat penghilang rasa sakit. Namun, obat tersebut tidak efektif mengatasi rasa sakinya.

"Tempat tidurnya (Owen) basah karena keringat, suhu tubuhnya panas," ujar Maria.

Perdarahan yang terjadi di otak Owen karena infeksi. (Foto: The Scottish Sun)

Owen dilarikan ke Aberdeen Royal Infirmary. Pemeriksaan CT scan menunjukkan, ia menderita pendarahan di otak akibat tendangan bola sepak.

Ia kemudian dipindahkan ke Royal Hospital for Sick Children di Edinburgh untuk menjalani operasi darurat. Akhirnya, ia mengalami lumpuh di sisi tubuh bagian kanan.

2 of 3

Jalani fisioterapi

Demi melatih pergerakan lengan kanan dan kaki, Owen menjalani fisioterapi. Ia harus menghabiskan lima minggu di Rumah Sakit Edinburgh dan tiga minggu lagi di Raigmore Hospital di Inverness.

"Dia jauh lebih baik sekarang dan mulai kembali sehat. Kadanga dia lelah, apalagi saat belajar. Jadi, dia harus istirahat sebentar dan duduk di tempat yang sepi. Otaknya butuh waktu untuk istirahat," kata Maria.

Owen harus mengalami lumpuh akibat terkena sepakan bola. (Foto: The Scottish Sun)

Dokter melarang Owen berolahraga yang berat hingga tahun depan. Hobinya bermain sepak bola bersama teman-temannya pun harus dihentikan sejenak.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video