Sukses

3 Bahan Alami yang Dapat Memutihkan Lutut

Liputan6.com, Jakarta Area di sekitar lutut sering lebih hitam dibanding daerah sekelilingnya. Lutut tidak memiliki kelenjar sebaceous, sehingga menyebabkan kulit kurang fleksibel dan cenderung mudah kering dibandingkan daerah lainnya. Hal ini menyebabkan akumulasi sel-sel mati dan kotoran yang berlebihan.

Jangan khawatir, masalah ini dapat diatasi dengan scrub yang menggunakan bahan alami. Apa saja? Simak penjelasannya, seperti yang dilansir dari laman Step To Health, Senin (9/10/2017).

1. Avokad dan gula

Avokad dan gula membantu untuk menyingkirkan bercak-bercak gelap di lutut, serta mengatasi kulit kering dan pengelupasan sel mati. Kedua bahan ini kaya akan asam lemak, vitamin E dan mineral, yang dapat memperbaiki proses regenerasi sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat.

Bahan:

1/2 avokad matang

2 sendok makan gula kasar (25 g)

Persiapan:

Ambil setengah daging avokad dan campurkan dengan gula sampai menjadi pasta. Kemudian, oleskan scrub di atas lutut dengan gerakan melingkar secara lembut selama dua atau tiga menit. Lalu, biarkan sampai kering selama 20 menit dan bilas. Lakukan perawatan ini dua atau tiga kali dalam seminggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Lemon dan baking soda

Kombinasi lemon dan baking soda sering digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga. Ternyata, kegunaannya tidak hanya sampai di situ. Perpaduan kedua bahan ini merupakan solusi alami yang bagus untuk meringankan kulit di area tubuh ini. Kedua bahan ini mengandung agen pemutih dan scrub yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati.

Bahan:

1/2 Jus lemon

2 sendok makan baking soda (20g)

Persiapan:

Ambil setengah jusclemon dan campurkan dengan baking soda dalam wadah. Tunggu sampai gelembung pada campuran ini menghilang. Kemudian, gosokkan scrub pada lutut, biarkan selama 15 menit dan bilas. Ulangi perawatan ini tiga kali seminggu. Sebaiknya hindari kontak dengan sinar matahari untuk mencegah efek samping.

3 dari 3 halaman

3. Almond dan yoghurt

Ekstrak almond kaya akan vitamin, mineral dan asam lemak esensial yang dapat melembabkan kulit dan membantu regenerasinya. Menggunakannya di lutut akan menghilangkan sel-sel mati dan menghilangkan bercak hitam pada lutut.

Bahan:

3 sendok makan tepung almond (30 g)

2 sendok makan yogurt alami (36 g)

1 sendok makan madu (25 g)

Persiapan:

Masukkan tepung almond ke dalam mangkuk, kemudian campurkan dengan yogurt alami dan madu. Setelah menjadi pasta kental, gosokkan pada lutut. Biarkan selama 20 menit dan bilas. Ulangi tiga kali dalam seminggu. 

(Michelle Tania)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.