Sukses

Sarapan Susu dan 3 Makanan ini Tak Baik untuk Anak, Kenapa?

Meminum susu dalam keadaan perut kosong tidak tepat untuk anak.

Liputan6.com, Jakarta Susu seringkali dipilih bagi ibu sebagai menu sarapan si kecil. Ternyata, minum susu sebagai sarapan tidak cukup baik. Apa alasannya?

Mengutip laman Step to Health, Minggu (1/10/2017), menjadikan susu sebagai menu sarapan tidak baik, karena meminum susu dalam keadaan perut kosong dapat mengakibatkan bakteri Lactobacillus memasuki lingkungan yang asam. Hal ini membuat bakteri tersebut mati sebelum sampai di usus.

Sebaiknya, minum susu dilakukan setengah jam setelah sarapan pagi. Sebagai alternatif, minumlah jus berry. Kandungan vitamin C, vitamin A dan vitamin E serta kalsium sangat direkomendasikan untuk anak-anak.

Selain itu, ada beberapa makanan dan minuman lainnya yang juga harus dihindari sebagai menu sarapan anak.

1. Sereal manis

Sereal merupakan makanan yang harus dihindari saat sarapan karena terlalu banyak mengandung gula. Sebagai alternatif, pilihlah makanan berserat karena menyehatkan dan kaya nutrisi.

Selain itu, beberapa jenis sereal juga mudah membuat lapar lebih cepat dan hal ini bisa memicu lebih banyak makan yang bisa menyebabkan obesitas.

2. Makanan mengandung karbohidrat tinggi

Makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti membuat gula darah meningkat. Hal ini membuat pankreas bekerja lebih keras dan memproduksi terlalu banyak insulin.

Kelebihan insulin juga membuat anak menyimpan lemak dan mengakibatkan obesitas. Selain itu, roti yang dipanggang juga harus dihindari karena meningkatkan produksi gas di perut.

Saksikan video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Buah dan sayuran segar

Meskipun buah dan sayuran segar sangat sehat, tidak disarankan jika memakannya untuk sarapan.

Perlu diingat bahwa buah dan sayuran memiliki kandungan asam yang tidak enak rasanya pada saat perut kosong. Misalnya, tomat memiliki sejumlah besar pektin dan asam tanat. Hal ini bisa menyebabkan tukak gastrik.

Sebagai alternatif, makanlah sup sayuran. Ini tidak akan menyebabkan produksi gas meningkat atau mulas.

Menu sarapan terbaik

Menu sarapan terbaik adalah makanan dengan gizi seimbang dan porsi seimbang. Berikan menu seimbang dengan komposisi karbohidrat, protein, sayuran dan lemak. Setelah itu, lengkapi dengan susu setengah jam kemudian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini