Sukses

Lumpuh dan Koma karena Paparan Rabies

Manusia yang terinfeksi virus rabies akibat gigitan hewan bisa lumpuh, koma, bahkan meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Rabies adalah penyakit yang disebabkan virus Lyssavirus, yang menyerang otak manusia dan hewan. Virus ini mengikuti saraf perifer--sistem saraf yang di dalam sarafnya terdiri dari sel-sel yang membawa informasi ke sistem saraf pusat.

Penyakit ini menyebar dari hewan yang terinfeksi ke manusia melalui cakaran atau gigitan hewan yang terinfeksi virus (anjing, rubah, rakun, kelelawar). Manusia yang terinfeksi rabies tidak langsung merasakan gejala setelah digigit hewan tersebut.

Pada manusia yang terinfeksi, dibutuhkan empat sampai 12 minggu untuk menunjukkan gejala adanya terinfeksi rabies. Gejala awal meliputi kelemahan otot, demam, dan sensasi kesemutan.

Anda mungkin mengalami sensasi terbakar di area tubuh yang digigit. Virus bergerak ke otak dan menimbulkan dua gejala. Pertama, rabies paralitik.

Manusia yang terinfeksi menjadi lumpuh dan koma. Akhirnya, orang tersebut meninggal dunia. Kedua, rabies yang terbakar (furious rabies), orang yang terinfeksi menjadi bersemangat dan hiperaktif.

Gejala rabies lainnya berupa gelisah, halusinasi, insomnia, kelebihan air liur, takut air, dan kesulitan menelan, dilansir dari India, Jumat (29/9/2017).

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diagnosis yang sulit

Sulit mendiagnosis rabies pada fase awal karena gejalanya sulit dibedakan dan biasanya tampak seperti flu. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan, tes antibodi neon untuk mendiagnosis rabies.

Penyakit rabies secara jelas dapat diketahui melalui analisis otak setelah orang tersebut meninggal.

Kasus rabies pada manusia biasanya disebabkan anjing yang terinfeksi. Namun, kelelawar juga menjadi penyebab paling umum rabies pada manusia di Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Rabies atau penyakit anjing gila adalah penyakit infeksi virus yang disebarkan oleh gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi.

    Rabies