Sukses

Tips Atasi Anak yang Terlanjur Main Game Berkonten Negatif

Bagaimana bila ternyata anak terlanjur memainkan bahkan menyenangi game bermuatan negatif? Ini yang bisa orangtua lakukan

Liputan6.com, Jakarta Terkadang orangtua lalai memperhatikan anak-anak mereka, termasuk dalam hal game apa saja yang putra dan putri mereka mainkan.

Lalu bagaimana bila ternyata anak terlanjur memainkan bahkan menyenangi game bermuatan negatif?

"Komunikasikan dengan baik pada anak. Dasar hubungan yang baik akan lebih untuk bicara pada anak. Kita enggak bisa salahkan anaknya ataupun gadgetnya," ujar ahli psikologi anak, Firesta Farizal, di Jakarta, Rabu.

Firesta menyadari, tak mudah untuk menghentikan anak mengakses game berkonten negatif. Namun, melalui komunikasi yang baik perlahan bisa mengubah perilaku anak. Selain itu barengi dengan pemberian aturan yang jelas pada anak.

"Kalau dimulai aturan yang jelas, akan lebih mudah," kata dia.

Saat ini, penetrasi gawai dan game pada anak memang sulit sekali dibendung. Teknologi gawai tak dipungkiri mengaktifkan sensori anak, terutama visual karena bergambar, berwarna, bergerak, sensori auditori dan mudah.

Namun, jika tak dibarengi bimbingan orangtua maka teknologi ini berisiko memunculkan karakter negatif pada anak.

(Lia Wanadriani Santosa/AntaraNews) 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.