Sukses

Tips Tetap Bugar Saat Tirakatan di Malam 1 Suro

Beberapa ritual di Malam 1 Suro mengharuskan Anda untuk terjaga semalaman.

Liputan6.com, Jakarta Malam Satu Suro atau malam menjelang hari pertama di kalender Jawa di bulan Suro, selalu bertepatan dengan tanggal 1 Muharram, atau tahun tahun baru Hijriyah. Hal ini karena, kalender Jawa pertama yang diterbitkan oleh Sultan Agung mengacu pada penanggalan Islam (Hijriyah)

Di malam Satu Suro ini, ada berbagai macam tradisi yang dilakukan. Mulai dari tradisi Kungkum (berendam di sungai besar atau sumber mata air), Tapa Bisu (mengunci mulut dan tidak mengeluarkan kata-kata), sampai tradisi Tirakatan yang mengharuskan pelakunya tidak tidur semalam suntuk.

Tirakatan biasanya dilakukan sebagai bentuk perenungan diri sambil berdoa. Namun untuk bisa melakukan perenungan dan berdoa dengan baik, harus dilakukan dengan tubuh yang siap.

Jika tubuh tidak siap untuk terjaga lebih lama atau bahkan semalam suntuk, hal ini akan mepengaruhi pikiran.

"Tubuh kita terprogram untuk tidur di malam hari dan terbangun serta segar di siang hari," ujar Christopher Drake, PhD, peneliti tidur dari Henry Ford Sleep Disorders Center, mengutip Everyday Health, Rabu (20/9/2017).

Untuk bisa tetap bugar dan fokus saat tirakatan, tubuh perlu persiapan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap segar di malam Satu Suro:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Menabung tidur

Pilihannya, tidur lebih lama di malam sebelumnya atau tidur di saing harinya. "Anda bisa menabung tidur. Sebelum harus terjaga semalaman, tidurlah selama 9 jam setiap malam selama seminggu dan tabung tidur Anda," ujar Drake.

2. Tetap sibuk

Orang-orang yang terus sibuk saat mereka mengantuk memiliki kemampuan untuk mengenyampingkan rasa kantuk. Hal ini karena mereka tertarik pada apa yang mereka lakukan.

 

 

3 dari 3 halaman

3. Gunakan kafein, dengan cara yang benar

Kafein selalu bisa jadi bantuan yang efektif untuk bisa terjaga lebih lama. Namun, menenggak secangkir besar minuman berkafein di awal malam tidak akan membantu Anda sampai semalaman.

"Rekomendasi saya, minumlah minuman berkafein dalam porsi kecil, namun beberapa kali sepanjang malam," saran Drake. "Hal ini akan membantu Anda mempertahankan fokus, sekaligus mencegah gangguan tidur nantinya."

4. Pilih tempat yang terang

Cahaya memiliki pengaruh besar terhadap jam internal tubuh. Cahaya yang terang, untuk sementara, bisa membuat tubuh berpikir waktu tidur belum tiba.

"Siklus sirkadian memiliki koneksi ke mata, dan cahaya terang bisa mengatur ulang jam internal tubuh," ujar William Kohler, MD, direktur medis di Florida Sleep Institute, AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.