Sukses

Cara Mudah Jaga Imunitas Tubuh

Pencegahan penyakit terkait imunitas tidak selalu harus dengan mengonsumsi obat

Liputan6.com, Jakarta Pencegahan penyakit terkait imunitas tidak selalu harus dengan mengonsumsi obat, apalagi obat herbal. Dengan istirahat yang cukup, penyakit pun enggan muncul.

"Karena ini berkaitan dengan imun tubuh itu sendiri. Kalau kita fit, apa pun penyakitnya bisa dilawan," kata Dr Zainal Adhim SpTHT-KL PhD kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

Pada dasarnya tubuh ini mempunyai mekanisme perlindungan. Kalau kita fit, tidur cukup, dan makan yang benar, tentu imunitas yang sehat itu bisa melawan.

"Konsumsi juga makanan yang sehat, gizi seimbang, dan tidak terlalu membuat iritasi tenggorokan tentunya," kata Zainal menambahkan.

Menurut Zainal, hampir semua penyakit terkait imunitas, seperti flu, penyebabnya adalah virus. "Tubuh bisa sembuh sendiri kalau tubuh punya kemampuan itu. Cuma masalahnya, karena capai, imunitas jadi turun dan tubuh tidak bisa melawan," kata Zainal menekankan. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.