Sukses

Rahasia Panjang Umur di Balik Cangkir Kopi

Penelitian terbaru menemukan, minum kopi bikin usia jadi 64 persen lebih panjang.

Liputan6.com, Jakarta Kopi selalu jadi topik perbincangan yang hangat. Manfaat dari minuman wangi ini selalu diperdebatkan. Namun, banyak juga yang mengatakan, kopi memiliki risiko kesehatan.

Sebuah studi baru dari Spanyol bisa menyelesaikan perdebatan seputar kopi. Studi terbaru ini membuktikan, minum 4 cangkir kopi setiap hari bisa membuat Anda hidup lebih lama--secara signifikan.

Studi ini dilangsungkan selama 10 tahun dan melibatkan 20 orang Mediterania. Untuk penelitian ini, peminum kopi bebas menambahkan gula atau tidak dalam minman mereka.

Dan ternyata, dorongan dari kafein saja sudah bisa mempernjang usia sampai 64 persen. Dan jika Anda tidak mampu minum 4 cangkir kopi setiap hari, menguranginya sampai dua cangkir saja sudah mengurangi risiko kematian sampai 30 persen.

Namun perlu diingat, minum kopi lebih dari 4 cangkir sehari justru akan menghilangkan manfaatnya. Malah, kafein dalam kopi jadi berbahaya. Jadi, pastikan Anda meminumnya seperti yang disarankan, melansir Purewow, Selasa (19/9/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.