Sukses

70 Persen Penduduk Vietnam Terinfeksi Bakteri Kanker Perut

Bakteri Helicobakter Pylori (HP) yang menginfeksi penduduk Vietnam, bisa menyebabkan tukak usus dan kanker perut.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 70 persen populasi Vietnam terinfeksi bakteri Helicobakter pylori (HP), yang bisa menyebabkan tukak usus dan kanker perut. Hal ini disampaikan oleh salah satu rumah sakit terbesar di negara ini, melansir Xinhua, Senin (18/9/2017).

Tak hanya tingkat bakteri HP yang tinggi, Vietnam juga memiliki masalah lain. Bakteri ini telah mengembangkan resistensi terhadap berbagai jenis antibiotik. Hal ini disebabkan sering terjadinya penyalahgunaan antiobiotik oleh pasien, papar Bach Mai Hospital, Senin.

Kebanyakan obat efektif menangani berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri HP sampai 80-90 persen. Namun, obat-obat ini efektivitasnya hanya mencapai 50-70 persen di Vietnam.

Resistensi antiobiotik adalah masalah yang sulit ditangani di Vietnam, karena pasien banyak menggunakan antiobiotik secara sembarang, tanpa resep, menurut laporan dokter lokal. Hal ini menyebabkan lama perawatan di rumah sakit yang lebih panjang, biaya yang lebih besar, dan angka kematian yang lebih tinggi.

Lebih dari setengah populasi dunia memiliki bakteri HP di sistem pencernaan atas mereka. Infeksi akibat bakteri ini lebih sering terjadi di negara berkembang dibanding negara maju, menurut Pusat Pengontrolan dan Pencegahan Penyakit AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.