Sukses

Konsumsi Kunyit Dapat Tingkatkan Memori Otak

Liputan6.com, Jakarta Rempah-rempah dipilih sebagian orang untuk memperkuat cita rasa pada makanan. Salah satu yang sering digunakan adalah kunyit. Akar dari tanaman ini sangat mirip jahe. Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi kunyit. Di antaranya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengandung antioksidan, dan memiliki sifat antikanker.

Menurut penelitian pada Maret 2017, mengonsumsi kunyit dapat membantu memperbaiki ingatan Anda dalam waktu singkat. 

Studi lain yang terkait dengan kontrol plasebo mempelajari efek kurkumin, salah satu senyawa dalam kunyit, pada orang dewasa sehat secara mental antara usia 70 dan 85 tahun. Tujuannya untuk melihat apakah bumbu tersebut memiliki efek pada memori jangka pendek atau jangka panjang. Inilah alasan mengapa mengonsumsi kunyit sangat baik bagi kesehatan, seperti yang dilansir dari laman Step To Health, Senin (18/9/2017).

Kunyit versus plasebo

Hanya satu jam setelah makan bumbu bersangkutan, peserta studi meningkatkan kinerja mereka pada tugas yang melakukan latihan memori. Setelah total empat minggu, orang yang mengonsumsi kunyit melaporkan bahwa tingkat energi mereka telah naik. Hal ini juga tecermin dalam suasana hati mereka, yang telah meningkat pesat. Adapun mereka yang mengonsumsi plasebo tidak menunjukkan adanya perubahan atau peningkatan ingatan kapan pun.

Simak juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunyit dan Alzheimer

Kunyit juga merupakan rempah ideal untuk penderita Alzheimer. Orang yang menderita Alzheimer memiliki gejala tertentu seperti iritabilitas, agitasi, kecemasan, dan apatis. Menurut data yang dikeluarkan oleh studi lain, mengonsumsi kunyit bisa menjadi jawaban atas masalah mereka.

Dalam kasus ini, peserta mengambil kunyit 100 mg sehari selama 12 minggu. Setelah 12 minggu, gejala yang mereka alami berkurang dan tidak menimbulkan reaksi yang merugikan.

Meskipun begitu, yang terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter sebelum minum kunyit. Bagaimanapun, ini mungkin berinteraksi dengan obat yang Anda minum.

3 dari 3 halaman

Manfaat lain kunyit

Jika Anda ingin menambahkan kunyit ke makanan Anda, ingatlah saran berikut ini agar bisa memasukkannya sebaik mungkin. Jumlah kunyit yang tepat untuk ditambahkan ke piring adalah satu sendok teh. Ini cocok dengan bumbu lainnya, seperti jinten dan lada. Anda bisa menggunakannya pada piring seperti nasi, pasta, sup, saus, kacang, salad, dan sayuran yang dimasak.

Penting untuk mengonsumsi kunyit dalam jumlah sedang. Ini memiliki rasa yang kuat dan tidak semua orang menyukainya. Terlepas dari semua yang bisa dilakukan untuk kesehatan Anda, mengonsumsi kunyit tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau siapa saja yang memiliki masalah kantong empedu serius. Namun, kunyit juga bagus untuk orang yang alami masalah kulit.

Anda bisa menggunakannya dalam bentuk bubuk, karena bagus untuk mengobati masalah seperti jamur, dan psoriasis. Ini juga sangat efektif untuk melindungi tubuh Anda dari radikal bebas dengan mengambil alih dan menghilangkan zat berbahaya yang bisa membuat Anda sakit.

(Michelle Tania)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.