Sukses

Terkuak Alasan Anak Lahir di Tahun Naga Lebih Sukses

Lewat analisis data, dua ekonom membuktikan anak-anak yang lahir di tahun naga cenderung lebih sukses dan berprestasi.

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat Tionghoa, tahun naga diyakini sebagai simbol kesuksesan. Tak heran bila anak-anak yang dilahirkan bershio naga diyakini bakal sukses dan beruntung di kemudian hari.

Keyakinan terhadap kesuksesan anak yang lahir di tahun naga membuat ledakan angka kelahiran di Tiongkok meningkat pada 2002 dan 2012. Hal serupa pun terjadi di Taiwan, Hong Kong, Singapura, dan Malaysia.

Uniknya, keyakinan itu menjadi nyata. Anak-anak yang lahir di tahun naga cenderung lebih sukses di bidangnya. Fakta tersebut terkuak dalam studi dari Naci Mocan dan Han Yu seperti mengutip dari laman Economist, Rabu (13/9/2017).

Menurut studi yang dilakukan ekonom asal Louisiana State University, Amerika Serikat, terhadap 15 ribu anak-anak sekolah di Tiongkok, mereka yang lahir di tahun naga cenderung berprestasi di sekolah. Nilai Bahasa Mandarin serta Bahasa Inggris anak-anak yang lahir di tahun naga cenderung gemilang dibanding anak yang tidak lahir di tahun naga.

Data lain juga makin mengukuhkan prestasi anak-anak bershio naga. Jumlah anak lahir di tahun naga, 11 persen lebih banyak melanjutkan studi ke universitas. Temuan tersebut berlaku dalam segala latar belakang keluarga dan kemampuan kognitif.

Lalu, mengapa anak shio naga bisa mencapai sukses? Mocan dan Yu melihat orangtua cenderung banyak mengivestasikan aneka hal pada anak yang lahir di tahun naga. Mulai dari orangtua aktif berdiskusi dengan guru, mendaftarkan anak di sekolah yang lebih baik, serta mengeluarkan uang saku lebih banyak dibandingkan anak-anak lahir di tahun lain.

"Sehingga kesuksesan merupakan ramalan yang dipenuhi oleh diri sendiri," kata peneliti.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini