Sukses

Jus Jeruk Bisa Dijadikan Pemanis Buatan Pengganti Gula

Berikut daftar bahan-bahan yang dapat Anda gunakan sebagai pemanis buatan

Liputan6.com, Jakarta Rasanya seluruh manusia di muka bumi ini menyukai segala sesuatu yang manis. Ada orang yang saking sukanya sama minuman bercita rasa manis, kerap menambahkan gula di luar dari batasan yang dianjurkan.

Akan tetapi kita dihadapkan oleh sebuah fakta bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis akan berpengaruh pada kesehatan. Kadar glukosa dalam darah akan meningkat drastis, terjadi penumpukan lemak yang bisa membuat kita gemuk apabila tidak segera dibakar, bahkan American Heart Association menyebut menambahkan gula dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Anda tak perlu khawatir akan hal itu. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan agar tetap bisa minum dan makan yang manis-manis tanpa takut akan ancaman tersebut. Berikut sejumlah bahan pemanis buatan yang dapat Anda gunakan seperti dikutip dari Prevention, Sabtu (2/9/2017)

1. Kayu manis

Kayu manis adalah pemanis alami tanpa kalori. Pastikan yang Anda gunakan adalah bubuk kayu manis bukan gula kayu manis. Sebuah studi dari Human Research Centre menemukan, setengah sendok teh bubuk kayu manis tidak akan menyebabkan resistensi insulin.

2. Ekstraks vanila

Ekstraks vanila memiliki 0 kalori dan 0 gula. Sedangkan sirup vanila mengandung 80 kalori dan 20 gram gula. Jadi, jangan salah pilih.

3. Jus jeruk

Terdengar aneh tapi masyarakat di negara bagian Arizona sudah lama mencampurkan jus jeruk ke dalam minuman kopi. Jus jeruk mengandung gula dan rasa manis alami. Vitamin C yang terkandung di dalamnya sebesar 155 persen.

Jika Anda tidak suka mencampurkan jus jeruk, cukup dengan memarut kulit jeruk ke dalam kopi.

Reporter: Michelle Tania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini