Sukses

Mudah Pipis hingga Gusi Berdarah, Tanda Gula Darah Tinggi?

Selain melakukan pemeriksaan berkala berikut petanda gula darah Anda tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Selain melakukan pemeriksaan teratur untuk mengetahui kadar gula darah tinggi atau tidak, Anda juga bisa memerhatikan beberapa kondisi fisik dan kesehatan berikut yang diyakini dapat menandakan kadar gula darah tinggi.

Dikutip dari laman Women's Health, Rabu (30/7/2017) berikut selengkapnya.

1. Mudah pipis dan haus

Joel Fuhrman, M.D., penulis dari The End of Diabetes mengatakan, kadar glukosa atau gula yang terlalu tinggi menyebabkan cairan berlebih menuju ke ginjal. Sehingga organ satu ini bekerja lebih keras dan menghasilkan urine yang lebih banyak. Tak heran rasa ingin pipis terjadi terus menerus.

Fuhrman menjelaskan biasanya kondisi ini lebih sering terjadi pada malam hari. Umumnya juga, kadar gula darah tinggi membuat rasa haus terus muncul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pandangan kabur

2. Mudah lelah dan pengelihatan kabur

Elizabeth Halprin, M.D., direktur klinis diabetes dewasa di Joslin Diabetes Center, Boston, mengatakan efek dari pipis yang terus menerus juga dapat menyebabkan tubuh mudah lelah. Sekali pun Anda sudah tidur cukup waktu, tapi menurut Halprin, saat kadar gula darah tinggi Anda akan merasa lebih lelah dari biasanya.

Selain itu, kemampuan pengelihatan juga sering tergganggu. Ia menjelaskan, saat gula darah terlalu tinggi, cairan bisa meresap ke mata dan membuatnya membengkak.

3. Gusi berdarah

Bakteri yang berkembang pada tubuh orang yang memiliki kadar gula darah tinggi, juga dapat berakibat pada gusi berdarah.

"Gula yang tinggi membuat mulut Anda menjadi tempat yang lebih bersahabat untuk bakteri hidup," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.