Sukses

Mengejutkan, Sayur dan Buah Ini Bisa Dimakan Secara Utuh

Baik daun, batang dan kulit dari sayuran dan buah ini bisa dikonsumsi secara utuh.

Liputan6.com, Jakarta Saat mengolah sayur bit menjadi sebuah menu makanan, tak semua orang memasaknya secara utuh. Pasti ada beberapa bagian seperti kulit atau daun yang dibuang. Padahal, daun atau bagian lain yang biasa dibuang dari sayuran ini memiliki nutrisi baik untuk tubuh.

Martha Pascucci, R.D., dari Medical Weight Loss of New York mengatakan, daun dari sayur bit mengandung lebih banyak kalsium, vitamin A, C dan zat besi daripada bayam.

"Anda bisa memotong dan menumis sayuran ini dengan sedikit bawang putih dan minyak zaitun untuk cara yang praktis dan rasa yang lezat," katanya. Seperti sayuran jenis brokoli juga bisa dikonsumsi secara utuh sampai batang-batangnya.

Diketahui batang brokoli tinggi antioksidan, beta karoten dan asam folat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Melansir laman Women's Health, Rabu (30/8/2017) berikut beberapa buah dan sayuran sehat yang bisa dikonsumsi secara utuh dan tentunya bergizi untuk tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1. Wortel

Caroline West Passerrello, R.D., juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan daun yang terdapat di ujung wortel jika dikonsumsi mengandung enam kali vitamin A lebih tinggi dibandingkan sayuran lainnya.

2. Kulit semangka

Kulit semangka ternyata dapat dimakan secara utuh dan mengandung citrulline dan asam amino yang dapat membantu merilekskan dan melebarkan arteri yang artinya bagus untuk tekanan darah.

3. Kulit mentimun

Kulit dari mentimun rupanya kaya akan vitamin K yang baik untuk tulang dan mencegah pembekuan darah. Namun, sebelum mengonsumsinya pastikan Anda telah mencuci semua sayur dan buah sampai bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.