Sukses

Jangan Ucapkan 4 Kalimat Ini kepada Penderita Kanker

Ada beberapa pantangan ucapan yang harus dihindari bila Anda berhadapan dengan penderita kanker.

Liputan6.com, Jakarta Kanker menjadi penyakit yang membuat orang takut dan cemas. Apalagi bila ada saudara atau kerabat terdekat Anda terkena kanker. Rasa sedih sekaligus ingin memberikan pertolongan untuk pengobatan dan perawatan akan tebersit di benak.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui saat berhadapan dengan orang penderita kanker. Anda tidak bisa bertindak atau berucap secara bebas layaknya berbicara dengan orang sehat pada umumnya.

Jangan menyarankan pengobatan alternatif

Setelah di diagnosis kanker, teman dan keluarga sering mencoba menyarankan melakukan pengobatan alternatif, terapi, dan diet.

Seiring dengan berjalannya waktu, saran-saran tersebut justru membuat penderita kanker menjadi stres.

Hal terbaik yang Anda lakukan adalah ingatkan bagaimana tindakan secara medis bisa membantu perawatan kanker, ditulis dari News, Sabtu (26/8/2017).

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kalimat yang jadi beban

Jangan katakan, 'Beritahu saya jika Anda butuh sesuatu'

Kalimat di atas mungkin terkesan membuat beban seseorang bertambah.

Sebagai gantinya, katakan secara jelas, "Saya akan pergi ke apotek. Dapatkah saya membelikan obat sesuai resep yang Anda terima dari dokter?" atau "Bisakah saya merawat kucing Anda selama beberapa minggu ke depan?"

3 dari 4 halaman

Soal keberanian

Jangan bilang, 'Kamu sangat pemberani'

Memberitahu seseorang kalau dirinya berani terhadap kanker yang dialaminya membuat penderita kanker menjadi takut. Tidak ada siapapun yang ingin mendapatkan kanker.

Di balik wajah tersenyum, bukan berarti penderita kanker berani, ia mungkin merasakan beban berat karena kanker yang diidapnya.

Lebih baik katakan, "Saya sangat bangga dengan Anda" atau "Anda sangat tangguh."

4 dari 4 halaman

Pertanyaan soal kematian

Jangan bicara, jika tidak ada yang perlu dikatakan

Saat Anda menjenguk seseorang yang kena kanker lalu berbincang dengannya. Perhatikan ucapan Anda. Bila Anda berbicara hanya untuk mengisi keheningan saat mengobrol, Anda bisa saja mengajukan pertanyaan soal kematian penderita kanker.

Ini tidak akan membantu orang tersebut terhibur. Sebaiknya, tidak perlu berbicara bila tidak ada yang diperlukan. Kehadiran Anda tanpa banyak bicara tetap membuat penderita kanker merasa nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.