Sukses

Minum Air Putih di Pagi Hari Bisa Cegah Deretan Penyakit Ini

Minum air putih tak hanya meredakan dahaga, tetapi juga mencegah berbagai penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Minum air putih di pagi hari bukan semata-mata sebagai rutinitas baik yang harus Anda lakukan, tapi juga dapat mencegah beberapa penyakit tak terduga.

dr. Anita Amalia Sari dari Klikdokter.com mengatakan minum air putih di pagi hari baik untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

"Bahkan, minum segelas air putih dalam keadaan perut kosong atau sebelum sarapan di pagi hari diyakini para ahli mampu membantu mencegah berbagai penyakit," ujar Anita dikutip dari laman Klikdokter.com, Jumat (25/8/2017).

Apa saja penyakit yang dapat dicegah dengan minum air putih pagi hari? Simak selengkapnya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ginjal

Manfaat air putih untuk kesehatan ginjal tidak diragukan lagi. Minum segelas air putih di pagi hari dapat membantu membuang sisa-sisa racun tubuh dan memperbaiki sirkulasi darah.

Kurangnya konsumsi air dapat menyebabkan ginjal harus bekerja lebih keras. Sehingga muncul gangguan ginjal seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal dan gagal ginjal.

Sembelit

Minum segelas air putih hangat dalam keadaan perut kosong di pagi hari dapat bantu memecah makanan lebih cepat. Ini juga dapat membantu makanan lebih mudah dicerna dan mencegah sembelit.

Nyeri otot

Segelas air putih hangat di pagi hari dapat bantu mengurangi kram perut. Sebab air hangat dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan membantu merelaksasi otot yang kram. Hal ini berguna untuk mengurangi nyeri, mulai nyeri haid hingga nyeri kepala.

3 dari 3 halaman

Cegah kegemukan

Minum segelas air hangat dengan lemon dapat membantu memecahkan jaringan lemak tubuh. Sebab, air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga metabolisme tubuh ikut meningkat.

"Nah, bila metabolisme tubuh meningkat, maka tubuh akan membakar lebih banyak kalori," ujar Anita.

Penuaan dini

Penumpukan racun di dalam tubuh dapat mempercepat penuaan dini. Namun, dengan minum air putih di pagi hari dapat membuang racun tersebut. Selain itu, air putih juga dapat menjaga elastisitas kulit dan membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Jadi, jangan lupa minum air putih saat bangun tidur nanti ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.