Sukses

Kondisi Terbaru Siswi SMP Demak yang Lumpuh Usai Imunisasi MR

Siswi SMP di Demak, Jawa Tengah, Niken Angelia yang mengalami kesulitan berjalan usai imunisasi MR kondisinya makin membaik.

Liputan6.com, Jakarta Siswi SMPN 4 Demak yang mengalami kesulitan berjalan setelah imunisasi MR atau campak dan rubela, kondisinya perlahan membaik.

"Sudah ada perbaikan, (kakinya) sudah bisa digerakkan. Namun, sebelum mendapat vaksin jalannya memang sudah diseret," kata Ketua Komisi Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas PP KIPI), Hindra Irawan Satari, di Jakarta pada Rabu (23/8/2017).

Selama dirawat di RS Kariadi Semarang, Jawa Tengah, Niken Angelia telah menjalani aneka pemeriksaan, seperti EEG, CT scan, dan lainnya. Namun, hingga kini belum ditemukan cukup bukti bahwa kondisi Niken terkait imunisasi MR.

"Serangkaian tes telah dilakukan, tapi belum cukup untuk membuktikan (kondisi kesulitan berjalan) benar-benar karena vaksin MR," lanjut pria yang merupakan dokter spesialis anak ini.

Niken diperkirakan masih menjalani perawatan dan pemeriksaan di RS Kariadi sekitar satu bulan lagi. Sehingga bisa diketahui dengan sungguh apakah kondisi kesulitan berjalan itu ada hubungannya dengan pemberian imunisasi MR atau tidak.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini