Sukses

Cara Alami tapi Jitu untuk Hilangkan Komedo

Komedo memang bisa sangat menganggu. Untungnya, bintik-bintik hitam ini bisa dihilangkan menggunakan cara alami.

Liputan6.com, Jakarta Komedo memang bisa sangat mengganggu. Tidak peduli seberapa baik Anda merawat kulit, mereka kadang tetap muncul.

Ada banyak jenis jerawat dan tidak semuanya berespons baik terhadap perawatan di rumah, kata Dermatologists Terafiliasi dan Ahli Bedah Dermatologi, Alexander Dane. Namun, kata Dane, komedo berbeda.

"Bagi jerawat, terutama komedo, ada beberapa perawatan di rumah yang bisa membantu mengurangi pori-pori tersumbat," katanya.

Berikut ini adalah cara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk membantu mengurangi komedo, seperti yang dilansir dari laman Reader's Digest, Senin (21/8/17).

1. Baking soda

Bahan dapur ini dapat menghilangkan komedo. Dr Dane mengatakan, baking soda membantu menetralkan ketidakseimbangan pH yang mungkin dimiliki kulit dan juga bekerja sebagai eksfolian untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati.

Untuk menggunakannya, campurkan dua sendok makan baking soda dan dua sendok makan air bersama untuk membentuk pasta. Pijat pasta ke wajah, bilas dengan air hangat.

Campuran ini bisa membuat kulit kering. Jadi, jangan menggunakannya lebih dari dua atau tiga kali dalam seminggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Gula merah, madu, dan lemon

Ketiga bahan campuran ini dapat digunakan pada komedo di dagu dan hidung. Dr Dane merekomendasikan untuk mencampur satu sendok makan gula merah, dua sendok makan lemon, dan satu sendok makan madu mentah.

Saat dicampur dengan baik, oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar. Pijat selama lima menit sebelum membilasnya, lalu gunakan pelembab.

3. Minyak kelapa dan gula

Sementara komedo di dagu dan di sekitar mulut biasa terjadi, komedo juga bisa muncul pada tubuh. Pengelupasan kulit untuk menyingkirkan sel kulit mati bisa membantu, kata seorang dermatolog, Whitney Bowe, MD.

Dia merekomendasikan mencampur minyak kelapa dan gula untuk membuat scrub tubuh. Minyak kelapa ini bisa juga digunakan untuk memperbaiki rambut, kulit, dan lainnya.

3 dari 3 halaman

4. Teh hijau

Dr Dane mengatakan bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi produksi minyak kulit dan berfungsi sebagai antioksidan yang hebat.

Campurkan satu sendok teh daun teh hijau kering dengan satu sendok teh air dan pijat di daerah komedo selama tiga menit. Setelah itu, bilas dan gunakan pelembab. Perawatan ini bisa digunakan dua atau tiga hari dalam seminggu.

5. Masker wajah

Menggunakan masker wajah alami untuk komedo adalah cara mudah mengurangi komedo. Metode Dr Bowe hanya membutuhkan putih telur dan tisu.

Pertama, kocok satu butir putih telur dan oleskan ke kulit Anda. Kemudian letakkan lapisan tisu di atas wajah Anda tapi tidak di mata atau mulut dan oleskan lapisan putih telur lainnya. Biarkan masker mengering selama sekitar 20 menit, lalu bersihkan. (Michelle Tania)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini