Sukses

4 Manfaat Madu yang Wajib Anda Ketahui

Liputan6.com, Jakarta Madu diketahui memiliki manfaat kesehatan. Rutin konsumsi madu setiap hari dapat membersihkan racun dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengutip laman Step to Health, Selasa (15/8/2017), madu memiliki manfaat lainnya yaitu bisa digunakan sebagai bahan antiseptik, penyegar alami dan membuat rambut berkilau.

Selain itu, masih banyak khasiat yang dimiliki madu. Berikut beberapa manfaat madu yang harus Anda tahu.

1. Pengawet

Menurut laman Step to Health, madu merupakan produk paling baik untuk mengawetkan buah-buahan. Anda dapat mengawetkan buah menjadi sirup yang dibuat dari madu.

Cara membuatnya, jika Anda ingin mengawetkan buah yang manis, Anda harus menambahkannya ke dalam campuran air dan madu dengan takaran yang sama banyak. Namun jika Anda menggunakan buah yang asam, campur dua porsi madu ke dalam satu liter air. Simpan di dalam wadah kedap udara untuk mengawetkan.

2. Bahan relaksasi

Madu dapat menjadi bahan ramuan yang memberikan relaksasi setelah Anda lelah bekerja.

Caranya, isi bathtub dengan air hangat dan campurkan beberapa sendok madu. Berendam dengan air madu dapat membantu Anda menghilangkan stres.

3. Melawan parasit

Salah satu bahan terapeutik terbaik adalah madu dan cuka apel, ramuan ini dapat menjadi obat buatan rumah untuk melawan parasit.

Cara membuatnya, campurkan madu, cuka apel, dan air. Minum beberapa kali sehari selama dua bulan untuk membersihkan tubuh dari parasit secara tuntas.

4. Kurangi cemas

Khasiat lainnya dari madu, dapat mengatasi gangguan kecemasan. Caranya, rutin minum madu atau campurkan madu dengan teh lavender atau teh chamomile.

Jika Anda merasakan gugup yang berpengaruh pada perut, campurkan jus lemon dengan madu dan jahe. *

 

Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.