Sukses

Bolehkah Ibu Hamil Makan Sayur Mentah atau Lalapan?

Sayur mentah atau lalapan banyak penggemarnya, tapi bolehkah ibu hamil makan sayuran yang tidak dimasak ini?

Liputan6.com, Jakarta Sayur mentah atau yang biasa disebut dengan lalapan adalah salah satu sajian khas Indonesia. Berbagai sayuran hijau yang disajikan tanpa dimasak sama sekali ini banyak sekali penggemarnya. 

Sering menjadi konsumsi harian, apakah aman jika lalapan dikonsumsi oleh ibu hamil? Meski merupakan sumber nutrisi, vitamin, serta mineral yang baik untuk tubuh, bisakah ibu yang mengandung menyantap sayur mentah?

Dilansir dari KlikDokter, dr Sara Elise Wijono MRes menuliskan bahwa American Pregnancy Association menyatakan sayur mentah aman untuk dikonsumsi wanita hamil. Namun, jangan lupa mencucinya dengan baik sebelum disantap, ya.

Tak sampai sana, kamu juga perlu merendam sayuran tersebut di dalam air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Tujuannya untuk membunuh kuman yang mungkin ada dan membahayakan untuk kesehatan tubuh.

Amankah ibu hamil mengonsumsi lalapan alias sayur mentah? Temukan jawabannya di sini! (Sumber Foto: Shutterstock/TheList)

Kamu juga perlu membuang bagian sayur yang sudah tampak rusak seperti membusuk atau berubah warna, ya. Yuk ketahui lebih dalam hal yang perlu diperhatikan untuk wanita hamil ketika ingin makan lalapan di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini