Sukses

3 Bahan Alami untuk Redakan Batuk dan Gatal Tenggorokan

Beberapa jenis bahan alami berikut ini dapat membantu meringankan batuk, khususnya gatal tenggorokan.

Liputan6.com, Jakarta Jenis batuk yang berbeda sering kali membuat individu sulit untuk memutuskan obat batuk jenis mana yang akan mereka pilih. Padahal studi mengatakan bahwa jenis obat batuk yang beragam hanyalah sekadar strategi pasar saja, dan Anda tak perlu memilih salah satu di antaranya. Lantas dengan cara apa untuk meredakan batuk dan gatal tenggorokan?

Melansir laman Everydayroots, Jumat (12/8/2017), beberapa jenis bahan alami berikut ini dapat bantu meringankan batuk, khususnya gatal tenggorokan.

1. Satu sendok madu
Penn State College of Medicine menemukan kandungan di dalam madu dapat bekerja efisien untuk menenangkan rasa gatal pada tenggorokan. Selain itu, enzim yang ditawarkan dari madu juga memiliki sifat antibakteri yang mampu meredakan batuk dan gatal tenggorokan.

2. Akar licorice (akar manis)
Kandungan glycyrrhizin dalam batang atau akar tumbuhan ini dapat menenangkan saluran napas dan mengeluarkan lendir/dahak yang tertahan.

3. Jahe dan daun mint
Kedua bahan ini sangat direkomendasikan untuk membantu Anda melegakan rasa gatal pada tenggorokan. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.