Sukses

Tidak Pernah Sarapan, 200 Batu Empedu Bersarang di Perut Chen

Seorang wanita di Tiongkok menyimpan 200 batu empedu akibat tidak pernah sarapan selama delapan tahun.

Liputan6.com, Tiongkok Ada sebuah kasus yang unik, dokter mengeluarkan lebih dari 200 batu empedu dari usus seorang wanita saat operasi di Tiongkok. Wanita tersebut telah melewatkan sarapan selama delapan tahun. Akibatnya, batu empedu menumpuk di kantong empedu dan saluran empedu.

Wanita berusia 45 tahun dari Tiongkok yang diidentifikasikan sebagai Ms Chen, mengklaim, sakit perutnya terjadi lebih dari 10 tahun yang lalu. Namun, ia takut menjalani pembedahan.

Seiring waktu sakit sangat menyakitkan, Ms Chen pergi ke  Guangji Hospital di Hezhou. Tes menunjukkan adanya sejumlah batu empedu. Para ahli percaya, penumpukan batu empedu terjadi selama bertahun-tahun.

Dr. Quanwei Wei, seorang ahli bedah umum mengatakan, batu-batu empedu itu bisa muncul akibat kebiasaan Ms. Chen melewatkan sarapan. Ms. Chen mengatakan, dia sudah tidak pernah sarapan selama delapan tahun. Dr. Wei menjelaskan, efek dari pola makan ini adalah, empedu menumpuk di kantong empedu dan membentuk batu. 

Untuk mengeluarkan batu empedu dari perut Ms. Chen para ahli melakukan operasi. Beberapa batu empedu itu cukup besar. Bahkan ada yang hampir sebesar telur, dikutip dari Hindustan Times, Senin (31/7/2017).

Batu empedu berkembang dari ketidakseimbangan bahan kimia, misalnya kolesterol, yang ada di kantong empedu. Jika batu empedu terjebak dalam saluran yang ada di dalam kantong empedu hal itu bisa menyebabkan rasa sakit. 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.