Sukses

5 Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Jahe merupakan tanaman dengan rasa agak pedas, rimpang jahe biasanya dipanen dan digunakan. Rimpang merupakan batang tempat akar muncul. Jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti membantu merangsang fungsi pankreas dan sistem pencernaan.

Tanaman ini juga berguna untuk mengobati penyakit pernapasan, seperti batuk atau flu, dan sebagai obat penenang untuk mengurangi rasa sakit tubuh. Kandungan Vitamin C dan B6 yang sangat baik, bersama dengan mineral seperti potassium, membuat jahe menjadi obat alami yang baik untuk berbagai penyakit. Jahe bahkan memiliki sifat antioksidan.

Air jahe bisa disajikan dengan campuran bahan dapur lainnya, namun kayu manis dan jus lemon bahan yang paling sering ditambahkan dalam minuman ini. Ada beberapa manfaat kesehatan dalam minuman jahe, seperti yang dilansir dari laman Step To Health, (Senin, 24/7/17).

1. Mempercepat metabolisme
Jahe dikenal dengan sifat termogeniknya. Itulah mengapa jahe sangat bagus untuk mempercepat metabolisme Anda dan mengurangi lemak pada orang-orang yang gemuk atau kelebihan berat badan.

2. Memperbaiki pencernaan
Akar ini mengandung konsentrasi serat tinggi, sehingga meningkatkan fungsi usus Anda.
Ini juga membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi sambil membantu menghilangkan semua racun yang dapat menyebabkan pembengkakan dan ketidaknyamanan pada perut.

3. Antioksidan yang baik
Jahe merupakan sumber vitamin dan mineral yang banyak. Sifat antioksidannya bermanfaat bagi kesehatan jantung dan membantu melawan pengerasan serta penyempitan arteri, sehingga membantu aliran darah.

Untuk kecantikan, jahe bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe, melembapkan tubuh, dan mencegah rambut kering, mencegah kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan.

4. Menjaga kadar kolesterol
Air jahe bisa membantu tubuh Anda mengatur kadar kolesterol jahat (LDL). Peningkatan kadar kolesterol dalam aliran darah dapat menyumbat arteri dan menyebabkan masalah kardiovaskular.

5. Membantu mengurangi rasa sakit
Air jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit dari daerah tertentu di tubuh. Hal ini membuatnya sangat cocok jika Anda mengalami nyeri sendi, nyeri otot, linu, dan radang sendi.

Penulis: Michelle Tania 

 

Saksikan juga video menarik berikut: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.