Sukses

Baiknya Gunakan Bantal Tidur yang Tebal atau Tipis?

Selain kasur empuk dan nyaman ternyata ketebalan bantal juga mempengaruhi kualitas tidur.

Liputan6.com, Jakarta Selain kasur empuk dan nyaman ternyata ketebalan bantal juga mempengaruhi kualitas tidur. Seperti hasil penelitian Sleepers pada 2004 silam, 70 persen orang akan tidur nyenyak jika bantal yang dipakai bisa menopang leher dengan nyaman.

Seperti dikutip laman Prevention, Selasa (25/7/2017) setiap orang harus meletakkan kepala dan lehernya di atas bantal setebal empat sampai enam inci, atau sekitar sepuluh sampai 15 centimeter.

Michael Breus, PhD, penulis dari buku berjudul: The Sleep Doctor's Diet Plan dan seorang psikolog klinis mengatakan bantal yang nyaman akan membuat tulang belakang Anda membentuk garis lurus.

Bagi anak-anak, mereka membutuhkan bantal yang lebih tinggi dan tebal daripada bantal yang digunakan orang dewasa. Sementara, pada orang dewasa bergantung pada keluhannya.

Jika keluhannya ada pada tulang punggung, sebaiknya gunakan bantal yang lembut dan berbahan dasar busa untuk menopang tulang leher sampai punggung. Untuk ketebalan, sebaiknya gunakan bantal yang sedikit tipis, setidaknya dua inci atau sekitar lima centimeter.

Jika Anda orang yang mudah berkeringat saat tidur, sebaiknya gunakan bantal dengan lapisan gel untuk mempertahankan kenyamanan dan membuat Anda tetap sejuk.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.