Sukses

5 Manfaat Hebat Dongeng bagi Perkembangan Anak

Sebagian besar anak pun suka bila ayah atau ibu membacakan dongeng untuknya.

Liputan6.com, Jakarta Zaman boleh modern, tapi aktivitas membacakan dongeng untuk anak tetap jalan terus. Sebagian besar anak pun suka bila ayah atau ibu mendongengkan sesuatu untuknya.

Selain menghibur, beragam manfaat bakal dirasakan anak bila ayah atau ibu rajin membacakan dongeng setiap malam. Cahyono Budi yang aktif dalam Ayo Dongeng Indonesia! mengungkapkan beberapa manfaat hebat berdongeng bagi perkembangan anak saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Senin (24/7/2017) sebagai berikut:

1. Membangun kedekatan emosional antara orangtua dan anak

Membacakan dongeng merupakan kegiatan interaktif. Ayah dan ibu bisa langsung bertukar pikiran atas cerita tersebut. Selain itu, kedekatan fisik dalam melakukan aktivitas ini berdampak positif pada kedekatan emosi keduanya.

2. Mengembangkan imajinasi anak

Dongeng membantu anak membayangkan apa yang diceritakan oleh ayah atau ibu. Sehingga imajinasi anak pun terstimulasi setiap kali dibacakan dongeng.

3. Menanamkan nilai-nilai moral kehidupan

Melalui tokoh karakter yang ada dalam dongeng, anak dapat belajar nilai-nilai moral, seperti kejujuran, keberanian, kerendahan hati, kesabaran, tolong-menolong.

"Dongeng Timun Mas misalnya, anak bisa belajar tentang keberanian dan kesabaran menghadapi masalah," kata pria yang dikenal dengan nama Kak Budi Baik Budi ketika ditemui di peringatan Hari Anak Nasional 2017 di Taman Mini Indonesia Indah.

4. Sarana hiburan anak

Walau sudah banyak peralatan elektronik canggih, mendengarkan dongeng ayah atau ibu tetap hiburan yang seru bagi anak.

5. Menggugah minat baca

Bila anak tertarik mendengar satu dongeng, biasanya dia akan tertarik mendengarkan dongeng lainnya. Bisa jadi mereka akan meminta dibacakan cerita lain. Ketika anak melihat orangtua membacakan buku cerita, kegemaran anak membaca buku juga akan tumbuh.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini