Sukses

Belasan Pendongeng Beraksi di Hari Anak Nasional

Ada 16 pendongeng dari komunitas Ayo Dongeng Indonesia! memberikan kado istimewa pada anak-anak di Hari Anak Nasional.

Liputan6.com, Jakarta Ada 16 pendongeng dari komunitas Ayo Dongeng Indonesia! yang memberikan kado istimewa pada anak-anak di Hari Anak Nasional. Kali ini kakak-kakak komunitas ini berdongeng tentang cerita-cerita asli Indonesia.

Cara berdongeng yang interaktif dan seru membuat seratusan anak PAUD dan TK antusias. Anak-anak tertawa lepas saat Lutung Kasarung diceritakan berubah menjadi pangeran tampan, tapi ada juga yang memalingkan wajah saat sosok raksasa hadir lewat cerita Timun Mas. "Bu, aku takut...," kata bocah perempuan baju merah muda lirih ke sang ibu di sampingnya.

"Kakak pendongeng beraksi secara berkelompok dan mereka sudah berlatih khusus untuk acara ini," kata Ketua Panitia Dongeng Kejutan Hari Anak Nasional, Cahyono Budi atau dikenal Kak Budi Baik Budi ini di Museum Indonesia, TMIII, Jakarta pada Minggu (23/7/2017).

Kakak pendongeng juga membawakan cerita Bawang Merah Bawang Putih, Si Kelingking, hingga Cindelaras. Dongeng-dongeng tersebut sengaja dipilih karena menyesuaikan dengan tema pemerintah di Hari Anak Nasional 2017.

"Pemerintah mengambil tema tentang perlindungan anak. Nah, dongeng-dongeng yang diceritakan di sini menyesuaikan dengan tema itu. Misalnya Bawang Merah Bawang Putih yang memperlihatkan sosok Bawang Putih mendapat bullying, tapi moralnya adalah dia bisa kuat dan sabar. Kami berharap anak-anak Indonesia jadi pribadi yang kuat," kata Kak Budi.

Para orangtua yang mendampingi anak dalam acara ini pun bisa melihat bahwa mendongeng itu mudah dan asik. Jadi, orangtua juga punya kemampuan storytelling.

Bila orangtua mau berdongeng, hubungan dengan anak jadi lebih dekat dan sekaligus jadi ajang mengajarkan nilai-nilai moral lewat cerita

Selamat Hari Anak Nasional!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.