Sukses

Bisakah Kanker Tiroid Sembuh Berkat Nanas dan Tanpa Operasi?

Kanker tiroid stadium empat bisa sembuh berkat nanas dan tanpa operasi, benarkah hal ini?

Liputan6.com, Jakarta Pada tahun 2015 silam, seorang mantan model cantik asal Inggris mengaku sembuh dari kanker tiroid stadium 4 berkat makan nanas. Candice-Marie Fox, yang waktu itu berusia 31 tahun didiagnosis kanker tiroid stadium empat tahun 2012.

Dilansir dari Mamamia, Candice-Marie harus menjalani operasi untuk mengangkat lebih dari 20 benjolan kanker tiroid. Sayangnya, ia menolak dioperasi dan dikemoterapi. Padahal, kanker tiroid makin menyebar ke beberapa organ tubuhnya.

Ia memilih pengobatan alternatif dengan cara makan nanas sebanyak tiga kali sehari. Ia juga makan anggur, lemon, apel, kiwi dan pisang. Kandungan zat bromelin pada nanas dianggap mampu melawan kanker.

Tapi apakah makan nanas dan buah-buahan lain dapat menyembuhkan kanker tiroid stadium empat?

"Makan buah-buahan (nanas) untuk mencegah berkembangnya kanker tiroid itu tidak ada. Dari sisi medis, kanker tiroid sebenarnya termasuk kanker yang paling jinak, walaupun stadiumnya sudah stadium empat. Beda sama kanker lain, seperti kanker payudara yang ganas dan cepat menyebar, kanker tiroid itu lama berkembang dan menyebarnya," papar ahli endokrin Fakultas Kedokteran UI-RS Cipto Mangunkusumo, dr Farid Kurniawan, SpPD usai acara Sehatkah Tiroidmu? Mengenal Hipotiroid, Hipertiroid, dan Kanker Tiroid di Shangri-la Hotel Jakarta ditulis Senin (24/7/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hidup normal

Menilik kasus Candice-Marie yang sembuh dari kanker tiroid karena makan nanas dan menolak operasi, bukan berarti pasien sembuh total, tapi setidaknya membuat pasien bisa hidup normal.

"Bisa saja kanker tiroid stadium empat itu tidak diobati dan dikemoterapi. Ya, asalkan saja pasien itu hidup normal dan tidak mengalami keluhan apapun. Pada dasarnya, keganasan kanker tiroid itu tingkatnya rendah," ujarnya.

Pembesaran kanker tiroid dan berkembangnya membutuhkan proses bertahun-tahun lamanya.

"Misal, sekarang tampak benjolan tiroidnya, tapi baru terdeteksi kanker tiroid itu 5 atau 10 tahun ke depan. Hanya saja, saran saya sebaiknya kanker tiroid dioperasi. Kalau sudah diangkat dan bersih kemungkinan sembuh menjadi sangat besar," tambah dr Farid.

Pasien yang sudah dioperasi kanker tiroid juga harus minum obat tiroid untuk mendukung produksi hormon tiroid. Selain itu, perlu lakukan supresi untuk menekan kelenjar sel tiroid aktif (yang berujung kanker), yang masih tersisa di leher.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.