Sukses

Perkembangan Otak Anak Ditentukan dari Pola Makan

Perhatikan pola makan pada anak supaya otak dapat berkembang maksimal

Liputan6.com, Jakarta Pola makan yang tidak tepat pada anak dapat mengganggu kesehatan, perkembangan otak, dan pertumbuhan fisik mereka. Bila gizi yang diberikan seimbang, dapat mencegah anak dari obesitas dan penyakit berbahaya di masa mendatang.

Salah satu hal yang mesti diperhatikan adalah pemberian gula. Anak-anak sangat menyukai makanan manis, tapi terlalu banyak pun bisa merusak gigi dan berisiko obesitas.

Berikut beberapa pola makanan yang harus diberikan pada anak, seperti disampikan Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr Elvina Karyadi, dalam diskusi bersama Forum NGOBRAS, Jumat, 21 Juli 2017.

1. Menentukan kecukupan energi dan semua zat gizi seimbang. Asupan protein, lemak, dan vitamin harus seimbang agar tubuh memiliki energi untuk melakukan aktivitas.

2. Makanan disesuaikan dengan pola menu seimbang. Makan pagi, siang, dan malam setidaknya harus mengandung 1500 kalori.

3. Porsi harus disesuaikan dan bentuk makanan sesuaikan dengan daya terima anak. Jangan memaksakan porsi makan anak Anda. Biarkan dia menikmati makanannya dengan kapasitas yang dia miliki.

4. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menyatap makanannya. Misalnya anak Anda tidak ingin mencampur makanannya dengan yang lain, dan biarkan dia menikmati makanannya dengan caranya sendiri.

Reporter: Michelle Tania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini