Sukses

Ilmuwan Ungkap Cara Masak Ayam Goreng yang Sempurna

Cara memasak ayam goreng sempurna.

Liputan6.com, Amerika Serikat Siapa yang tidak ingin makan ayam goreng yang sempurna? Kulit ayam yang renyah dan daging ayam yang empuk penuh cita rasa bumbu. Ternyata masak ayam goreng pun ada kuncinya.

Hal ini berkaitan dengan cara menggoreng. Dilansir dari News, Jumat (21/7/2017), The American Chemical Society mencoba membeberkan resep masak ayam goreng terbaik. Sebelum memasak, Anda perlu melihat tiap bagian ayam.

Untuk menghasilkan renyah, asin, dan gurih, tiap bagian ayam goreng harus mendapat sentuhan bumbu yang tepat. Hal ini akan memberikan kombinasi terbaik dari daging dan lemak.

Masak ayam pada suhu antara 150C sampai 190C. Suhu yang tepat berada pada 168C. Bila memasak ayam di rumah dengan penggorengan, asalkan ayam hampir seluruhnya terbenam dalam minyak mendidih, Anda bisa mendapatkan ayam goreng yang renyah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minyak harus mendidih

Ketika memasak ayam, Anda juga membutuhkan minyak yang banyak. Saat ayam berada di penggorengan, Anda mungkin melihat gelembung yang mendesis muncul dari adonan. Ini bukanlah dari minyak yang mendidih.

Gelembung yang keluar berasal dari kelembaban di dalam ayam itu sendiri. Inilah sebabnya minyak harus sangat panas. Gelembung uap akan mencegah minyak menyerap pada ayam.

Tak heran, jika makanan gorengan favorit Anda terlalu berminyak dan lengket, mungkin minyak saat memasak sangat kurang.

Minyak terdiri dari molekul yang disebut trigliserida, yang memicu timbulnya lemak pada tubuh. Bagian penting ayam goreng yang sempurna adalah bagaimana trigliserida ini berproses sebagai hidrolisis--reaksi pada air yang memecah senyawa lainnya.

Dalam penggorengan, hidrolisis (yang disebabkan dari gelembung uap) memecah asam lemak bebas dari trigliserida pada minyak. Untuk itulah, saat menggoreng ayam, minyak harus mendidih agar terjadi proses hidrolis. Lemak yang dihasilkan akan berkurang.

3 dari 3 halaman

Berubah cokelat keemasan

Ayam sudah matang saat gelembung mulai terlihat dan sedikit muncul warna cokelat keemasan di permukaan ayam.

Biarkan ayam lebih lama lalu angkat dari penggorengan. Warna ayam yang belum cokelat keemasan menandakan ayam kurang matang.

Trik memasak ayam dengan minyak mendidih yang sempurna akan menghasilkan ayam goreng yang lezat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.