Beri Tes IVA Gratis untuk 91.349 Wanita, IBI Pecahkan Rekor MURI

Oleh Umi Septia pada 20 Jul 2017, 17:30 WIB
Menteri Kesehatan Nila Moeloek

Liputan6.com, Jakarta Memperingati Hari Bidan Internasional, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), mengadakan pemeriksaan IVA gratis terhadap 91.349 wanita di Indonesia dan memecahkan rekor MURI. Pemeriksaan tersebut dilakukan secara serentak pada 5 Juli 2017.

Pemeriksaan ini sekaligus dilakukan sebagai bentuk bakti sosial untuk memperingati hari ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-66.

Setiap tahun Ikatan Bidan Indonesia mengadakan bulan bakti sosial. Tahun ini bakti sosial yang dilakukan terdiri dari serangkaian kegiatan, mulai dari pelayanan kesehatan, pelayanan KB dan diakhiri dengan pemeriksaan IVA gratis serentak di seluruh Indonesia.

"Pemeriksaan IVA dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks, penyakit pembunuh nomor dua di Indonesia, setelah kanker payudara," ucap Ketua Ikatan Bidan Indonesia, Dr. Emi Nurjasmi, dalam acara puncak hari ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia pada Rabu (19/7/2017) di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat.

Dr. Emi Nurjasmi bersyukur karena pemeriksaan IVA yang dilakukan jauh melebih target yang semula 30.000 namun tercapai sebesar tiga kali lipat.

"Ternyata pencapaian pemeriksaan IVA yang dilakukan serentak di Indonesia ini memecahkan rekor dunia. Terima kasih kepada masyarakat berkat penghargaannya melalui rekor MURI," ucap Dr Emi Nurjasmi, MKes.

Dr. Emi Nurjasmi berharap kegiatan pemeriksaan kanker serviks dengan tes IVA dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Semoga kegiatan ini membantu untuk meningkatkan kesehatan reproduksi wanita, terutama pencegahan terhadap kanker serviks," dr Emi.

Dalam acara puncak hari ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia yang berlangsung di Hotel Grand Mercure, hadir pula Ketua Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana untuk menyerahkan penghargaan kepada Menteri Kesehatan Nila Moeloek. * 

 

 

Tag Terkait