Pada Tahap Ini Pasien Kanker Serviks Masih Bisa Diselamatkan

Oleh Umi Septia pada 20 Jul 2017, 13:30 WIB
Bersihkan Vagina dengan Antiseptik Picu Kanker Serviks?

Liputan6.com, Jakarta Bulan Juli merupakan bulan deteksi kanker serviks. Para wanita dianjurkan untuk melakukan deteksi dini kanker serviks dengan melakukan pemeriksaan IVA.

Ikatan Bidan Indonesia (IBI) telah melakukan pemeriksaan IVA serentak terhadap 91.349 wanita di Indonesia pada 5 Juli 2017. Hasil pemeriksaan tersebut menunjukkan, 2,3 persen wanita terindikasi kanker serviks.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Dr. Emi Nurjasmi, Mkes mengimbau untuk melakukan deteksi dini agar kanker serviks dapat disembuhkan sebelum kondisi pengidap memasuki stadium akhir.

"Cara mendeteksi kanker serviks adalah dengan melakukan screening lebih awal. Melalui pemeriksaan IVA, kalau ditemukan indikasi kanker serviks lebih cepat ditangani akan lebih baik. Pada tahap awal indikasi kanker serviks itu masih dapat diselamatkan," ujar Dr. Emi Nurjasmi dalam acara puncak hari ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat pada Rabu, 19 Juli 2017.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahayanya bagi wanita yang tidak melakukan screening, "Tapi kalau tidak melakukan screening, tiba-tiba sudah stadium 4, ini yang sulit ditangani, seperti kasus Julia Perez," ujar Emi.

Selain melakukan pemeriksaan IVA secara rutin, kanker serviks juga bisa dicegah dengan menjalani perilaku hidup bersih dan menghindari hubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan. *

Saksikan juga video berikut ini:

Harry MoeljopawiroHarry Moeljopawiro

Stadium brppun bisa sembuh asal ybs haqul yaqin sembuh dan haqul yaqin doanya diijabah Alloh SWT, dan harus ikhlas & sabar