Sukses

Makan Kurma Bisa Bantu Lancarkan Proses Melahirkan

Beberapa peneliti percaya kurma memiliki efek serupa oksitosin pada tubuh yang membantu menstimulasi kontraksi kehamilan.

Liputan6.com, Jakarta Kurma memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Kandungan magnesium, fosfor, dan serat dalam kurma jelas membantu menyehatkan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Bahkan buah yang disebut-sebut sebagai buah favorit Nabi Muhammad ini ternyata bisa membantu melancarkan proses persalinan.

Mengutip penjelasan Dr Manny Alvarez dalam laman Fox News, Kamis (20/7/2017), bukti kurma dapat memudahkan proses melahirkan dimuat dalam Journal of Obstetrics and Gynecology.

Menurut studi dalam jurnal tersebut, wanita hamil yang mengonsumsi enam butir kurma per hari dalam empat minggu sebelum tanggal perkiraan melahirkannya akan lebih mudah menjalani persalinan. Selain itu, proses melahirkan juga menjadi tujuh jam lebih singkat dibandingkan wanita tidak mengonsumsi kurma sama sekali.

"Sebanyak 96 persen wanita yang mengonsumsi kurma menjalani proses melahirkan spontan dan tak perlu mendapat induksi," jelas Dr Manny dalam kolom yang diasuhnya.

Beberapa peneliti percaya kurma memiliki efek serupa oksitosin pada tubuh. Kandungan kurma tersebut meningkatkan sensitivitas uterus dan membantu menstimulasi kontraksi, persis seperti dampak yang ditimbulkan oksitosin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini