Sukses

Hindari Minum Teh Selama Kehamilan

Teh tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta Teh memang mengandung manfaat yang besar untuk tubuh. Kandungan polifenol pada teh membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan melindungi risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke. Namun, teh tidak dianjurkan untuk ibu hamil. 
 
Menurut dr M Adya F Dilmy, SPoG, BMSc, Divisi Fetomaternal, Departemen Obstetrik dan Ginekologi FKUI-RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, teh juga mengandung sedikit kafein yang bisa memengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin.
 
"Kafein pada teh bisa menghambat penyerapan zat gizi dari makanan. Artinya, ibu hamil dan janin tidak mendapatkan zat gizi yang cukup," lanjut dokter yang akrab disapa dr Dido dalam acara "Dampak Saluran Cerna dan Anemia pada Kehamilan" di Gedung Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Jakarta, ditulis Minggu (16/7/2017).
 
Di sisi lain, teh juga berdampak langsung pada pergerakan janin. Janin akan bergerak lebih agresif, kata dr Ulul Albab, SpOG, perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.