Sukses

Akibat Bergumul dengan Banteng, Jempol Kaki Zac Pindah ke Tangan

Akibat bergumul dengan banteng, pria ini lakukan operasi pemindahan jempol tangan dengan jempol kaki.

Liputan6.com, Sydney, Australia Ahli bedah Sydney berhasil melakukan pemindahan operasi jempol tangan dengan jempol kaki  milik pria penunggang banteng. Kejadian tragis ini akibat Zac Mitchell (20) bergumul dengan banteng. Insiden ini terjadi di sebuah peternakan terpencil di bagian utara Australia Barat pada bulan April lalu.

Banteng menyepak tangan Zac. Jaringan ikat pada jari tangan Zac robek. Jempol tangannya putus dan terpental. Rekan sesama pekerja sempat merendam jempol tangan Zac di dalam bir dengan harapan bisa disambungkan kembali.

Demi menjalani perawatan medis, Mitchell diterbangkan ke rumah sakit di Perth. Ahli bedah mencoba dua kali untuk memasang kembali jempol tangan MItchell tapi tidak berhasil.

Tak menyerah dengan kondisinya, Zac melanjutkan perawatan di Sydney Eye Hospital.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganti dengan jempol kaki

Ganti dengan jempol kaki

Ahli bedah Dr Sean Nicklin menyarankan, jempol tangan MItchell bisa kembali pulih dengan memindahkan jempol kakinya. Operasi pemindahan jempol tangan dengan jempol kaki jarang terjadi, tapi tim dr Nicklin berhasil melakukannya.

Dilansir dari Daily Telegraph, Senin (17/7/2017), kehilangan jempol kaki untuk digantikan menjadi jempol tangan tidak akan memberi dampak besar pada kemampuan berjalan Mitchell.

Zac Mitchell usai operasi pemindahan jempol (Foto/SOUTH EASTERN SYDNEY LOCAL HEALTH DISTRICT)

Adanya jempol tangan baru diharapkan membuat Zac kembali dapat bekerja sebagai penunggang banteng.

Operasi ini dilakukan pada 30 Juni 2017.  Zac akan membutuhkan rehabilitasi selama lebih dari 12 bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.