Sukses

Cara Latih Anak agar Mau Kencing di Toilet Sekolah

Perhatikan cara melatih anak agar mau kencing di toilet sekolah.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu permasalahan pada murid taman kanak-kanak (TK) maupun kelas 1 sekolah dasar (SD) adalah menahan kencing. Mereka enggan pergi ke toilet, dan lebih memilih menahan pipis hingga jam pelajaran berakhir. 

"Toilet yang terletak di luar kelas bisa jadi penyebabnya. Anak merasa malu harus mengangkat tangan untuk pergi ke toilet lalu kembali ke kelas," ujar seorang psikolog anak dari Toronto, Kanada, Joanne Cummings.

Anak yang enggan ke toilet dan menahan kencing terus-menerus berisiko mengalami infeksi saluran kemih. Karena itu, orangtua harus melatih si Kecil agar mau kencing di toilet sekolah.

Dilansir dari Today's Parents, Kamis (13/7/2017), baik ayah maupun ibu bisa mengajarkan anak betapa pentingnya buang air kecil dengan alat peraga.

Gunakan balon berisi air untuk menjelaskan apa itu kandung kemih dan menggambarkan bagaimana urine harus dikeluarkan. Secara tidak langsung, anak akan ingat untuk kencing di toilet sekolah.

Tulisan atau gambar yang ditempelkan di kamar mandi rumah untuk tidak menahan kencing bisa membuat anak tergerak kencing saat di sekolah juga perlu dilakukan. Mereka akan membayangkan, apa yang terjadi pada tubuh bila menahan kencing.

Selain itu, jangan menghukum atau memarahi anak saat ketahuan menahan kencing di sekolah. Ingatkan saja anak untuk selalu kencing bila sudah waktunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.