Sukses

Cara Efektif Terhindar dari Kuman

Kuman mudah berpindah tempat, adakah cara efektif menghindari kuman?

Liputan6.com, Jakarta Kuman merupakan salah satu penyebab penyakit yang sulit dihindari karena kuman terdapat di banyak tempat, misalnya di tempat umum, uang, gagang pintu dan sebagainya.

Namun ada beberapa cara efektif untuk terhindar dari kuman, seperti dilansir dari laman Wikihow, Rabu (12/7/2017).

1. Segera mandi setelah berada dekat orang yang sakit

Berada di dekat orang yang sakit dapat menyebabkan kita tertular. Gunakan sabun antibakteri agar lebih bersih dan efektif. Namun hal ini tidak perlu dilakukan jika berada di dekat orang yang mengidap penyakit tidak menular seperti kanker atau migrain.

2. Hindari menggunakan alat makan milik orang lain

Jangan menggunakan peralatan makan seseorang yang mengidap penyakit menular seperti penyakit paru-paru karena dapat menularkan penyakit tersebut. Lebih bijak apabila menggunakan alat makan sendiri.

3. Gunakan tisu basah

Bersihkan tangan dengan tisu basah usai melakukan aktifitas yang menggunakan tangan. Hal ini meminimalisir kontaminasi kuman.

4. Ekstra waspada menggunakan toilet umum

Toilet umum, khususnya kloset duduk merupakan tempat penyebaran kuman dan virus. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan tisu untuk membuka gagang pintu dan membuka keran, gunakan kertas toilet sebagai alas di kloset duduk atau semprotkan toilet sanitizer.

Jangan gunakan air di ember untuk membilas, lebih baik gunakan air langsung dari keran.

5. Cuci tangan sesering mungkin

Kuman mudah menempel pada tangan, biasakan untuk cuci tangan dengan sabun setiap ingin melakukan aktifitas. Jika tidak ada air, gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini